Apakah penyakit Psittacosis dapat disembuhkan? Bila bisa bagaimana caranya?

Orang yang paling menghadapi bahaya infeksi psittacosis adalah mereka yang sering bersentuhan dengan burung karena pekerjaan atau kegemarannya misalnya pemilik burung, karyawan toko burung, dokter hewan atau penjagal unggas. Bila tidak segera diobati maka akan berbahaya.

Cara mengetahui Manusia terdiagnosis penyakit Psittacosis

  • Jika dokter mengira Anda terkena penyakit ini, maka ujicoba darah dapat dilakukan untuk meneguhkannya. Pada potret sinar X sering terlihat radang paru-paru.
  • Mencoba memastikan infeksi ini berasal dari mana itu penting. Orang lain yang mungkin telah bersentuhan dengan burung yang terkena patut sadar akan gejala infeksinya.
    Psittacosis bisa diobati dengan antibiotika yang harus terus diminum selama 2 pekan. Ketika burung juga diobati maka lingkungannya juga harus dibersihkan dengan pembasmi kuman guna mencegah infeksi lebih lanjut tersebar kepada orang atau burung lain. Sehubungan kesulitan mendeteksi apakah seekor burung terinfeksi penyakit ini atau tidak, maka kita perlu selalu merawat secara baik kebersihan burung dan lingkungannya, sementara kita juga perlu mencuci tangan sehabis menangani burung peliharaan.