Apakah penyakit brucellosis itu?

Penyakit ini menular yang secara primer menyerang sapi, kambing, babi dan sekunder berbagai jenis hewan lainnya serta manusia. Apakah sebenarnya penyakit brucellosis itu?

Definisi brucellosis
Brucellosis adalah penyakit infeksi bakteri Brucella yang disebarkan dari hewan ke manusia, umumnya melalui konsumsi susu, terutama susu yang tidak dipasteurisasi, atau produk olahan susu lainnya. Meski jarang terjadi, brucellosis juga bisa menyebar melalui udara atau kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi.

Sumber : Definisi brucellosis

Brucellosis atau keguguran menular adalah penyakit yang disebabkan oleh Brucella abortus Bang yang berbentuk batang halus dengan ukuran panjang 0,5- 2,0 mikro dan lebar 0,4-0,8 mikro, tidak bergerak, tidak berspora dan bersifat aerob dan dapat merusak sel inang. Penyakit ini dapat menular melalui makanan atau lingkungan yang terkontaminasi penyakit dan kontak langsung saat perkawinan alami dengan ternak yang sakit atau saat ternak yang sakit melahirkan. Karena banyaknya bakteri yang dikeluarkan dapat menaikan kecepatan penularan antar hewan. Penyakit Brucellosis juga dapat menular pada manusia melalui susu hasil produksi dari sapi yang terkena penyakit.

Gejala penyakit brucellosis yaitu keluron menular, kemajiran temporer atau permanen, menurunnya produksi susu, gejala epididimitis dan orchitis dan kebengkakan pada persendian lutut (karpal dan tarsal).

Cara pengendalian dari penyakit Brucellosis adalah:

  1. Ternak yang terkena penyakit dipisahkan dari hewan ternak lainnya atau diisolasi.
  2. Dilakukan sterilisasi atau pembersihan kandang, lingkungan dan peralatan yang berhubungan dengan ternak secara rutin.
  3. Lakukan vaksinisasi pada sapi sebelum dikawinkan.