Apakah penting mengatur pola konsumsi agar kebutuhan gizi seimbang?

Perlukah masyarakat mengatur pola konsumsinya agar pangan menjadi berkeseimbangan?

menurutku itu sangat penting, karena dengan pola konsumsi yang baik maka tubuh pun akan jadi baik, seriap seseorang memiliki asupan gizi yang berbeda jadi harus sesuai dengan kebutuhan pangan dalam mengkonsumsi untuk setiap harinya, agar pertumbuhan tubuh pun bisa tumbuh dan berkembang secara baik dan sehat.

Menurut saya penting karena jika gizi tidak seimbang maka tubuh juga menjadi tidak seimbang. Hal yang berlebihan atau kurang tidak baik. Maka dari itu diperlukannya mengatur pola nutrisi menjadi seimbang agar metabolisme tubuh berjalan dengan baik dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan dari pangan tersebut

Pola makan adalah suatu cara atau usaha dalam pengaturan jumlah dan jenis makanan dengan informasi gambaran dengan meliputi mempertahankan kesehatan, status nutrisi, mencegah atau membantu kesembuhan penyakit (Depkes RI, 2009). Secara umum pola makan memiliki 3 (tiga) komponen yang terdiri dari: jenis, frekuensi, dan jumlah makanan.

Setiap orang perlu mengatur pola konsumsi/ makannya dengan pengaturan jumlah dan jenis makan dalam bentuk susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi yang terdiri dari enam zat yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air agar kebutuhan gizinya terpenuhi

Menurut saya penting, karena dengan mengatur pola makan kita dapat mengatur proporsi, jumlah atau variasi makanan yang harus kita konsumsi untuk pemenuhan gizi yang seimbang. Dengan pola konsumsi dapat memberikan efek kesehatan yang baik. Karena jika kita telah mengatur pola konsumi, kita bisa mengetahui makanan dan minuman apa yang cocok untuk kebutuhan gizi kita.