Apakah penting mempertimbangkan kegagalan terlebih dahulu dibanding kesuksesan?


(Rina Gunawan) #1

Kegagalan dan kesuksesan merupakan sesuatu yang bisa datang kapanpun. Namun banyak orang memberi saran agar kita memikirkan dampak-dampak negatif atau kegagalan yang akan terjadi sebelum kita membayangkan kesuksesan pada bisnis kita. Apakah hal tersebut memang penting untuk dilakukan?

Gambar: depositphotos.com


(Mitha Aryani) #2

Mempertimbangkan kegagalan bukanlah hal yang buruk
Jika kita sering mendengarkan orang lain berpendapat bahwa dengan berfokus pada kesuksesan, akan memberikan kita kesuksesan pula. Menurut saya, hal seperti ini tidak sepenuhnya benar. Karena dalam berbisnis pasti terdapat banyak sekali rintangan yang dapat membuat anda jatuh di tengah-tengah perjuangan anda dalam berbisnis.
Jadi mempertimbangkan kemungkinan kegagalan dalam bisnis merupakan hal yang sama pentingnya seperti kita memprediksi kesuksesan bisnis kita. Karena dengan memahami potensi kegagalan yang mungkin terjadi pada bisnis kita, akan mencegah kita dari kegagalan.
Setiap bisnis pasti memiliki potensi gagal jika sang pemimpin tidak cermat dalam memperhatikan potensi-potensi yang ada. Kegagalan dapat masuk melalui celah apapun dalam bisnis anda. Maka dari itu, sebagai seorang pemimpin, haruslah bijak dalam mengambil keputusan dan harus didasarkan pada tujuan yang positif bagi perusahaan anda.