Apakah penting belajar algoritma sebelum pemrograman?

algoritma

(anon48582415) #1

Jaman sekarang pemrograman telah banyak dipelajari mengingat didasari perkembangan teknologi. Namun bagi yang akan belajar bahasa pemrograman, harus memahami apa yang dimaksud dengan algoritma terlebih dahulu. Algoritma adalah urutan atau langkah-langkah untuk penghitungan atau untuk menyelesaikan suatu masalah yang ditulis secara berurutan. Sehingga, algoritma pemrograman adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.

Apakah penting belajar algoritma sebelum pemrograman?


(Rifky Yunus Krisnabayu) #2

Jawabannya adalah iya, berikut adalah penjelasannya. Kita awali dengan definisi dari algoritma dan pemrograman terlebih dahulu. Algoritma adalah sebuah langkah-langkah terstrukur yang digunakan untuk mencari solusi dari sebuah masalah, dan dibagi menjadi dua yakni pseudocode dan flowchart. Sedangkan pemrograman adalah proses mengembangkan algoritma dan menjadikannya sebuah ke dalam notasi atau perintah sebuah bahasa pemrograman sehingga bisa dijalankan oleh komputer. Jadi jika melihat definisi tersebut, maka algoritma perlu dibuat terlebih dahulu sebelum kita membuat programnya.

Algoritma dapat dikatakan sebagai inti dari ilmu komputer atau informatika, namun algoritma tidak selalu identik dengan komputer saja. Dalam kehidupan sehari-hari terdapat banyak sekali algoritma yang kita lakukan. Misalkan saja algoritma menanak nasi, algoritma pergi kuliah, dan lain sebagainya. Memahami algoritma membantu Anda dalam menyelesaikan banyak masalah di berbagai bidang. Algoritma adalah pengetahuan, sedangkan pemrograman adalah skills. Algoritma diperlukan untuk menulis sebuah program agar hasilnya sesuai harapan. Tanpa adanya algoritma, Anda tidak akan tahu apakah program yang dibuat sudah sesuai harapan dan apakah program yang dibuat benar-benar memecahkan sebuah masalah. Cara terbaik agar Anda belajar pemrograman adalah menerapkan algoritma yang telah dibuat sebelumnya. Sehingga algoritma dapat menjadi dasar sebelum pemrograman.

Sumber :

https://www.topcoder.com/community/data-science/data-science-tutorials/the-importance-of-algorithms/
https://www.quora.com/Should-I-learn-algorithms-before-learning-programming
https://www.quora.com/Is-it-important-for-a-programmer-to-learn-algorithms


(Rijal Akbar Abdannashr) #4

sebelum kita menjawab pertanyaan tersebut, kita perlu mengetahui fungsi atau kegunaan dari algoritma pemrograman terlebih dahulu. algoritma pemrograman adalah urutan atau langkah-langkah untuk perhitungan atau untuk menyelesaikan masalah pemrograman. Masalah pasti akan muncul ketika kita memutuskan atau melakukan sesuatu, tak terkecuali ketika kita mempelajari pemrograman atau saat kita sedang membuat suatu program. Dengan mempelajari algoritma pemrograman terlebih dahulu, kita dapat mengantisipasi masalah-masalah yang mungkin akan timbul ketika kita belajar pemrograman, sehingga kita bisa lebih efisien dalam mempelajari pemrograman. Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat kita katakan bahwa belajar algoritma pemrograman itu penting sebelum kita belajar pemrograman.

Namun, pada kenyataannya, banyak orang-orang yang melakukan kebalikannya. Kenapa ? karena tanpa mempelajari pemrograman terlebih dahulu, kita akan kesulitan dalam mempelajari algoritma pemrograman. bagaimana kita bisa tau apa yang perlu kita pelajari dan apakah yang kita pelajari itu benar, jika kita belum pernah mencoba atau mengimplementasikannya. Terlebih lagi pemrograman bukanlah suatu pengetahuan, tetapi pemrograman adalah suatu kemampuan, yang mana kemampuan atau skill hanya bisa ditingkatkan dengan terus melaithnya. Seiring dengan berlatih pemrograman, kita akan mulai mengetahui apa apa saja yang perlu kita pelajari agar kita dapat mencapai tingkatan yang selanjutnya. Dengan ini, dapat kita katakan bahwa pada kenyataannya, belajar pemrograman itu jauh lebih penting daripada belajar algoritma pemrograman terlebih dahulu.

source : https://www.quora.com/Should-I-learn-algorithms-before-learning-programming


(Fawwaz Daffa M) #5

Sebelum membahas apakah penting kita belajar algoritma sebelum belajar programming, kita pertama lebih baik tahu tentang apa itu pemrograman. Pemrograman merupakan suatu proses melakukan algoritma dan menerjemahkannya dalam bentuk kode program agar bisa dieksekusi oleh komputer.

Dari definisi saja sebenarnya sudah terlihat kalau dalam membuat program atau melakukan aktivitas programming, kita terlebih dahulu membuat algoritmanya sebelum membuat kode programnya. Mengapa kita harus membuat algoritmanya terlebih dahulu? Karena memang dalam menyelesaikan suatu masalah diperlukan solusi secara runtut. Diperlukan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah.

Dalam belajar algoritma kita akan belajar untuk berpikir secara runtut, kreatif, dan logis. Kita berusaha untuk mencari solusi dari suatu masalah dengan seefisien mungkin. Karena program akan semakin baik apabila dia berjalan dengan langkah-langkah seefisien mungkin. Dalam hal ini algoritma akan mendeskripsikan solusi dari masalah yang kita hadapi dan kita akan tahu data-data apa saja yang kita butuhkan dalam menyelesaikan suatu masalah.

Selain itu, pentingnya belajar algoritma terlebih dahulu adalah saat kita membuat program tidak bingung di tengah jalan karena kita sudah menggambarkan konsep pemrograman yang akan kita buat sebelumnya. Hal ini juga akan mengefisiensikan waktu kita dalam membuat suatu program.

Setelah algoritma kita buat maka kode program akan gampang untuk dibuat. Selain itu, semakin kita sering membuat algoritma maka kita juga akan semakin kreatif dalam menyelesaikan masalah-masalah lain. Semakin terbiasa kita membuat algoritma semakin cepat juga kita dalam menyelesaikan suatu masalah.

Referensi:
http://interactivepython.org/courselib/static/pythonds/Introduction/WhatIsProgramming.html


(Ahmad Saifullah) #6

Algoritma adalah metode yang terdidi dali langkah-langkah tersruktur untuk mencari solusi dari suatu masalah tertentu dengan bantuan computer. Algoritma bisa dibuat dengan 2 cara yaitu:

  1. Pseudocode yaitu algoritma dalam bentuk tulisan tersruktur
  2. Flow Chart yaitu algoritma dalam bentuk visual atau bentuknya sendiri-sendiri

Dalam membuat program yang sulit pastinya kita akan kesusahan dengan memikirkannya namun jika kita membuat algoritma dulu kita dapat solusi yang mudah demi memecahkan program yang sulit pun. Adapun sebelum membuat algoritma kita membuat bayangannya atau coret coretanya supaya saat di algoritma mudah dibacanya. Kebanyakan orang-orang membuat algoritma dengan metode Pseudocode karena lebih gampang buatnya. Algoritma juga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Sebelum masuk ke pembelajaran pemrograman kita harus bisa menguasai cara membuat algoritma dengan baik. Algoritma juga harus dibuat dengan baik adapun kriteria algoritma yang baik :

  • Mempunyai logika yang tepat
  • Menghasilkan output yang benar
  • Tidak menimbulkan arti yang ganda
  • Mudah diimplementasikan
  • Didefinisikan dengan jelas

Jadi membuat ataupun belajar algoritma sebelum pemrograman itu sangatlah penting karena kita sudah dapat solusi atau pencerahan awal dan kita pun tidak susah susah memikirkan bagaimana ini programnya. Sebelum belajar Algoritma kita lebih baik memahami apa yang terjadi dalam masalahnya lalu jika perlu kita juga belajar Bahasa java supaya mudah menerapkannya dalam algoritma.


(Vijay Singh) #7

The Answer is yes, you need to learn algorithm before learning programming languages. Why? We are describing here:

What is Programming?
Programming is the process of taking an algorithm and encoding it into a notation, a programming language, so that it can be executed by a computer. Although many programming languages and many different types of computers exist, the important first step is the need to have the solution.

What is Algorithm?

An algorithm is a detailed series of instructions for carrying out an operation or solving a problem. In a non-technical approach, we use algorithms in everyday tasks, such as a recipe to bake a cake or a do-it-yourself handbook.

Technically, computers use algorithms to list the detailed instructions for carrying out an operation. For example, to compute an employee’s paycheck, the computer uses an algorithm. To accomplish this task, appropriate data must be entered into the system. In terms of efficiency, various algorithms are able to accomplish operations or problem solving easily and quickly.

I think you got your answer from the definition given for algorithm. Algorithm will help us while create a program, once you have the knowledge about that you can easily code or write a program.

If I explain it via an example then we can take mathematics subjects. If you going to solve a question like 4+8*(7/9){(5+6). Then what is the answer you cannot give the answer without having knowledge of BODMAS rule, so same thing is for here. Before going to write a program you need to learn algorithm first.

Why in our college teachers taught us first algorithm then told us now the program will be written as.