Apakah Penjualan Online Merugikan Bagi Penjualan Offline?


Sistem bisnis penjualan semakin berkembang dan semakin maju, salah satunya adalah sistem penjualan online. Sistem penjualan online banyak diminati oleh seluruh kalangan baik kalangan remaja sampai kalangan ibu-ibu. Apalagi di era pandemi ini sistem penjualan online semakin meningkat dikarenakan belanja online sangat efektif dalam mengurangi tingkat risiko penularan COVID-19, sangat simple, dan sangat mudah untyuk di akses tak perlu repor pergi untuk mempersiapakn diri dalam berbelanja, ditambah sistem Cash on Delivery (COD) menjadi hal yang tidak merepotkan.
Hasil riset Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) pada 2020 mencatat bahwa sebesar 42,1% konsumen toko online melaporkan peningkatan pengeluaran saat pandemi.Data menarik lainnya adalah, jumlah konsumen dari kalangan pelajar yang berbelanja melalui online saat pandemi lebih tinggi yaitu mencapai 14,2%. Tercatat hanya 7,5% pelanggan lama dan 12,4% pelanggan yang berbelanja secara online saat pandemi namun sebelumnya pernah belanja di e-commerce.

Berdasarkan hal tersebut bahwa sistem penjualan online sangat mengancam bagi pelaku UMKM penjualan offline, Apalagi di era pandemi seperti pembatasan sosial sangat mengurangi pemasukan dan ketertarikan konsumen dalam berbelanja offline.

Namun, Sistem belanja offline memiliki kelebihan yang tentu tidak semua media penjualan online menerapkan hal ini, yaitu dapat mencoba produk terlebih dahulu, melihat kecocokan model, desain, ukuran, dan yang lebih utama adalah penawaran. sebab dalam belanja online tidak aka bentuk penawaran harga dan mencoba produk terlebih dahulu.

wah, menurut teman-teman bagaimana nih, apakah penjualan online merugikan bagi penjualan offline? yuk dididskusikan

Sumber Referensi:

hmmm kadang suka ketemu sih perbedaan harga yang cukup jauh gan antara toko offline dan toko online. jujur aja gw jg lebih seneng belanja online dengan harga yang cukup murah dibanding toko offline.
sekarang mah tergantung dari empunya toko offline aja gmn caranya supaya toko offline mereka rame, mgkn bs kasih diskon gede gedean. hehe