Apakah penitngnya politik bagi masyarakat?

Politik adalah sebuah elemen vital dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, elemen vital yang memiliki fungsi sebagai medium untuk mencapai tujuan. Dalam konteks Indonesia tujuan berbangsa dan bernegara yang harus dicapai melalui politik adalah tujuan yang tersirat dalam pembukaan UUD 1945.

Apakah penitngnya politik bagi masyarakat ?

Politik itu penting untuk masyarakat.

Pertama, dengan memahami sistem politik di Indonesia kita dapat memahami gejolak politik yang sedang dialami oleh bangsa kita. Misalnya saat terjadi suatu sengketa politik di negara kita, kita yang sudah memahami sistem politik dapat setidaknya mengerti apa yang terjadi. Memahami suatu peristiwa politik merupakan awal dari perubahan bagi bangsa kita. Bila kita tidak memahami sistem politik di Indonesia, bisa saja kita hanya dipermainkan oleh pihak yang berkuasa dalam bidang politik.

Kedua, dengan memahami sistem politik di Indonesia kita dapat memberikan opini-opini kita untuk Indonesia. Misalnya saat terjadi suatu sengketa politik, kita yang sudah memahami sistem politik Indonesia dapat menyalurkan opininya lewat internet maupun media sosial. Namun perlu diketahui bahwa opini yang dilontarkan haruslah sesuai dan tidak untuk menjatuhkan pihak lain. Karena jika tidak berhati-hati dalam menyatakan opini kita, kita bisa saja berurusan dengan pihak berwajin. Opini tidak harus berasal dari para ahli hukum terkemuka. Pendapat dari rakyat juga dapat membantu pemerintah dalam menyelesaikan suatu sengketa politik.

Ketiga, dengan memahami sistem politik di Indonesia kita dapat berpartisipasi aktif dalam politik. Menurut Almond bentuk-bentuk partisipasi politik ini dapat berupa bentuk konvensional maupun Nonkonvensional. Contoh partisipasi konvensional : pemberian suara, diskusi politik, kegiatan kampanye, membentuk dan bergabung dalam kelompok kepentingan, komunikasi individu dengan pejabat politik. Sedangkan contoh partisipasi nonkonvensional : pengajuan petisi,berdemonstrasi,konfontrasi, dan mogok. Namun sebagai orang terpelajar kita harus menunjukan partisipasi politik kita dengan cara yang baik. Dalam demonstrasi misalnya, kita harus menunjukan sikap dan etikat yang baik dalam setiap demonstrasi. Kita harus menunjukan bahwa bangsa Indonesia bukanlah bangsa yang anarkis dalam melakukan demo.

sumber: http://www.kompasiana.com/edison7090/pentingnya-mempelajari-sistem-politik_57412b4d21afbd0a12e0e649