Apakah penggunaan bra terlalu lama menganggu kesehatan ?

Sebagian perempuan mungkin merasa bahwa bra yang digunakan secara terus-menerus bisa mengganggu aktivitas. Selain karena bisa membuat payudara menjadi sakit, bra juga bisa memberikan efek yang cukup menyakitkan bagi otot punggung. Apakah jika terlalu lama memang menggangu kesehatan ?

Beberapa yang Anda alami jika terus menggunakan bra sepanjang hari seperti dilansir Boldsky.

  1. Payudara sakit
    Ini adalah hal yang wajar terjadi jika Anda terus memakai bra selama 24 jam, apalgi jika memakai bra yang tak tepat. Oleh karena itu, selalu coba bra sebelum membelinya.

  2. Menghambat sirkulasi darah
    Payudara, punggung, dan beberapa bagian dada terikat dalam satu jalur yang sama saat mengenakan bra, yang akan mengkonstriksi otot dada. Hal tersebut menghambat sirkulasi darah ke payudara dan tangan. Juga, sport bra yang terlalu kencang bisa merusak jaringan peyudara jika digunakan secara rutin.

  3. Nyeri punggung parah
    Jika Anda mengenakan bra yang lebih kecil dari ukuran normal terus-menerus, maka akan ada tekanan maksimal pada tulang rusuk, yang akan berpengaruh hingga ke tulang punggung.

  4. Iritasi kulit
    Mengenakan bra saat tidur dapat menyebabkan iritasi kulit, gatal, dan kemerahan. Selain itu, tali bra pun dapat meninggalkan bekas tertekan pada kulit yang bisa membuat kulit merah.

  5. Payudara mengendur
    Jika Anda mengenakan bra yang longgar, maka payudara akan mengendur dan hal tersebut akan membuat bentuk tubuh menjadi jelek. Memiliki bra dengan ukuran pas memang penting.

  6. Hiperpigmentasi
    Jika Anda terus menggunakan bra, maka tali dan pengait bra akan memberi bekas kemerahan pada awalnya. Lama-kelamaan, bekas tersebut akan terlihat seperti tambalan dan akan terlihat tak bagus saat Anda menggunakan pakaian off-shoulder atau pakaian yang memperlihatkan bagian pundak.

  7. Merusak postur tubuh
    Jika Anda salah menggunakan bra, maka hal tersebut akan menyebabkan nyeri pada punggung, leher, dan bahu. Secara otomatis, bentuk tubuh Anda akan terpengaruh.

  8. Menambah pertumbuhan jamur
    Tempat yang lembap dan hangat adalah tempat dimana jamur dapat berkembang dengan cepat. Penggunaan bra sepanjang waktu pun dapat memicu pertumbuhan jamur di area payudara.

Referensi