Apakah pemrogaman dasar harus menjadi mata pelajaran wajib sejak pendidikan dasar / menengah

  • Agree
  • Not Agree

0 voters

Abad ke-20 merupakan abad dimana hampir seluruh aspek kehidupan dipengaruhi oleh komputer.Komputer kini menjadi salah satu hal yang tak terpisahkan dan menjadi salah satu penunjang kehidupan kita,Dengan komputer,kita dapat melakukan berbagai pekerjaan dengan mudah serta dapat menghemat waktu dalam melakukan pekerjaan tersebut.Oleh Karena itu,maka sangatlah penting bagi semua orang untuk mengerti komputer.

Salah satu hal yang paling mudah dalam mempelajari komputer adalah dengan mengenal pemrogaman dasar,pemrogaman dasar ini menjadi syarat dasar untuk mengerti dan memahami komputer.Karena dengan mempelajari pemrogaman dasar,kita diajarkan untuk berpikir.Berpikir yang dimaksud adalah bagaimana cara kita dalam memecahkan sebuah masalah dengan solusi yang efisien serta efektif,kalimat ini mengacu dari sebuah quotes yang dikatakan oleh salah satu pencipta raksasa teknologi Apple, Steve Jobs.Quotes tersebut yakni " Everybody in this should learn how to progam a computer… because it teaches you how to think".

Maka dari apa yang dikatakan oleh Steve Jobs tersebut, pemrogaman dasar harus dipelajari sejak dini dimulai dari pendidikan dasar dan menengah.Dengan adanya mata pelajaran wajib ini sejak pendidikan dasar dan menengah,diharapkan siswa nantinya dapat mendirikan sebuah startup .Startup adalah tindakan atau proses memulai sebuah organisasi baru atau usaha bisnis.Dunia startup sendiri tidak lepas dari pemrogaman.Oleh karena itu sangatlah penting pemrogaman dasar menjadi mata pelajaran wajib sejak pendidikan dasar dan menengah agar menjadi bekal untuk siswa/I dimasa depan nanti.

Referensi :

:negative_squared_cross_mark: Not Agree

Komputer merupakan suatu hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita saat ini, bahkan hampir semua pekerjaan membutuhkan komputer. Berbicara tentang komputer maka tidak lepas dari pemrograman pula. Apakah semua orang perlu mempelajari pemrograman dasar?, atau hanya mempelajari cara menggunakannya saja?. Menurut saya, tidak semua orang harus mempelajari pemrograman dasar, Karena pemrograman bukan suatu hal yang mudah dipelajari dan bukan minat setiap orang. Contoh, dengan mempelajari cara menggunakan komputer tanpa mempelajari pemrograman, seorang dokter bisa menggunakan komputer sesuai dengan passionnya.

Lalu, mengapa pemrograman dasar harus menjadi pelajaran wajib di pendidikan dasar atau menegah?. Masih ada cara lain agar siswa berfikir bagaiamana memecahkan sebuah masalah dengan efisien serta efektif selain dengan pemrograman dasar. Contohnya dengan mengubah cara mengajar seorang guru. Dalam setiap pelajarannya, guru tersebut memberikan persoalan-persoalan yang terjadi di kehidupan sehari-hari, sehingga kedepannya siswa tersebut sudah terbiasa memecahkan sebuah masalah.

2 Likes

:white_check_mark: Agree

What Most Schools Don’t Teach <-- Click It To Watch On YouTube (IMPORTANT)
Kenapa kita harus belajar pemrograman dasar sejak pendidikan dasar/ menengah?

Kenapa karena benar yang dikatakan kelvin, kita diajarkan berfikir bagaimana sebuah program harus bekerja untuk digunakan oleh orang lain. “It teachs us to think” - Bill gates.
Skill pemrograman mungkin banyak orang yang tidak menyukainya tapi di era masa kini, skill pemrograman dasar akan bisa sangat membantu menjalankan bisnis, maupun kebutuhan lainnya. Pengetahuan akan teknologi akan semakin berguna di masa depan, maka belajar pemrograman dasar sejak dini lebih baik daripada tidak pernah belajar pemrograman sama sekali.

:negative_squared_cross_mark: Not Agree

Menurut pendapat saya akan lebih baik dengan mengikuti pendapat Abi, ada cara lain yang lebih efektif dan efisien selain penerapan pemrograman dasar ditingkat Sekolah Dasar atau Menengah, bagi saya Sekolah harus memberikan kesempatan dan ruang bagi siswa untuk maju dan mengeksplorasi keterampilan mereka berdasarkan berbagai masalah yang akan mereka hadapi dan temukan, dan juga letak passion semua orang berbeda, bayangkan bila anda diberi sesuatu hal yang tidak anda sukai, jika kita belajar pemrograman bukannya secara otomatis kita juga harus belajar bahasa pemrograman? akan sangat disayangkan jika kita tidak benar benar menekuni hal tersebut. Di sekolah memang benar kita harusnya mengajarkan anak-anak hal-hal penting yang mereka mungkin temukan dan berguna dalam kehidupan masa depan mereka. Pemrograman pasti bisa muncul sebagai sesuatu yang perlu anak-anak kita tahu, tapi sebelum anak-anak dapat belajar sesuatu yang berguna tentang pemrograman di sekolah, ada banyak hal yang perlu diselesaikan terlebih dahulu. jadi menurut saya yang benar adalah bahwa sekolah kemungkinan besar bukan tempat terbaik untuk mempelajari keterampilan pemrograman tertentu.

Referensi :

:negative_squared_cross_mark: Not Agree

Pemograman dasar harus menjadi mata pelajaran wajib sejak pendidikan dasar/menengah. Saya sangat tidak setuju karena pada saat umur yang masih muda, anak-anak masih harus mengeksplore bakatnya dari pelajaran-pelajaran yang berbagai macam bentuknya. Karena jika sudah diajarkan sejak awal dan anak terlalu fokus pada apa yang diajarkan, anak akan sulit mengeksplore apa bakat murni dirinya, dan akan menghasilkan generasi yang monoton tanpa ada kreatifitas lain. karena manusia banyak bentuknya dan pasti mempuyai keahlian masing-masing. Tetapi jika memang anak sudah menemukan apa yang dia inginkan atau kuasai mereka bisa masuk SMK yang sudah tertuju pada minat, tetapi jika belum menemukan dia bisa masuk SMA dan baru melanjutkan Kuliah di Jurusan yang memang dia inginkan dan kuasai.

Dimasa sekarang, anak pun juga seharusnya lebih baik diajarkan pelajaran sosial, karena jaman sekarang anak sudah mengenal media sosial yang belum tentu baik isinya untuk mereka, maka dari itu sangat bahaya jika anak lebih sering menelan ilmu penjurusan seperti pemograman dasar, tetapi melupakan pelajaran sosial seperti hormat pada orang yg lebih tua, toleransi terhadap sesama, dan masih banyak lagi. Karena jika anak sudah mendapatkan pelajaran sosial yang cukup, mereka pasti akan mendapatkan hal yang menurut mereka cocok dengan hidupnya walaupun masih membutuhkan bimbingan orang tuanya