Apakah pekerjaan IT Manager menjanjikan untuk masa depan?


(Naufal Alfarizi) #1

IT MANAGER, PEKERJAAN YANG MENJANJIKAN

Dizaman yang modern ini, perkembangan teknologi terus melaju dengan pesat. Tentunya dikarenakan kebutuhan manusia yang semakin bertambah dan semakin berkembangnya pemikiran manusia untuk menciptakan sesuatu yang baru.
Semakin berkembangnya teknologi tentunya memancing manusia untuk membentuk perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang teknologi. Selain prospek kedepannya yang sangat cerah, perusahaan yang bergerak dibidang teknologi pastinya akan mendapat keuntungan yang sangat besar, walaupun di sisi lain kerugian juga menghantui.
Dengan menjamurnya perusahaan teknologi, maka kebutuhan akan pekerja di bidang teknologi pun semakin bertambah, khususnya pekerjaan sebagai IT manager. IT manager merupakan posisi yang sangat penting di suatu perusahaan. IT manager bertugas mengawasi semua staff di departemen IT. Selain bertugas mengawasi, IT manager juga bertugas membri bimbingan kepada bawahannya.
IT manager juga menerapkan sistem keamanan IT dalam organisasi untuk memastikan keamanan data dan sistem IT, mengawasi organisasi sistem WAN, mengawasi pengelolaan dan pemeliharaan stasiun kerja komputer, mengawasi pelatihan staff untuk memastikan mereka mampu menggunakan software dan hardware komputer secara kompeten, memberikan dukungan dalam mengatasi masalah-masalah komputer, mengawasi penyimpanan yang tepat dari semua data perusahaan dan pengarsipan record dan back up, serta menyediakan dukungan teknis kepada karyawan ahli komputer lain dalam organisasi.
IT manager dewasa ini mempunyai banyak tanggung jawab critical seperti data center, staf management, website development and maintenance, mobile device policy, BYOD, IOT, user support, helpdesking, regulatory compliance, vendor management, disaster recovery, Virtual Server farming, Firewall, servers, application development, software rules, bahkan telco berbasis IT.
Juga bekerjasama dengan semua aspek dalam perusahaan, accounting, keuangan, HRD, GA, Audit, distributor, fasility, vendor, legal , baik didalam maupun luar perusahaan.
Hal hal ini, merupakan The God And The Bad dari jabatan IT manager. Dalam beberapa perusahaan, IT Managaer jadi sosok yang sangat berpengaruh karena dapat secara langsung memberikan arahan strategic, untuk standardisasi dan permintaan implementasi massal system baru, sebagai contoh. Tapi di perusahaan lain, bisa jadi ada jabatan Manager IT yang masih berkutat di domain teknis, hanya di technical support, helpdesking, applivation development dan management infrastruktur.
Mengapa menjadi IT manager sangat menjanjikan? Karena posisi IT manager sangat challenging, menantang. Kita yang menganggap diri kita tinggi secara intelektual akan dengan mudah menemukan bahwa pekerjaan ini sangat menantang dan menarik. Kita akan berkembang bersama fleksibel nya jabatan ini, bersama luasnya scope jabatan ini, bersama peluang terbukanya jaringan kerjasama intra dan antar perusahaan, juga dengan berfikir bahwa keputusan-keputusan kita mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan tempat kita bekerja. Itu kalau fungsi jabatan kita di masukkan dan dianggap strategis oleh owner/direktur. Dan jika itu terlihat dan terukur maka promosi, kenaikan gaji , dan banyak appraisal jenis lainnya akan menempel setia pada jabatan kita.
Menjadi IT manager tentunya mewajibkan kita menguasai segala hal dalam bidang IT. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa tugas seorang IT manager adalah membimbing dan mengawasi seluruh staffnya dibidang IT.
Yang harus kita lakukan jika kita ingin menjabat di posisi ini adalah menguasai segala hal dalam bidang IT. Misalnya, berkuliah di jurusan yang mempelajari segala hal tentang IT sambil aktif berorganisasi ketika kuliah. Kemudian melanjutkan kuliahnya di bidang IT atau bisa juga di bidang manajemen. Mengapa di bidang manajemen? Karena seorang IT manager harus mempunyai jiwa memimpin dan mengatur staff-staffnya yang bekerjadi bidang IT.

Referensi: https://www.linkedin.com/pulse/apakah-fungsi-manager-bagian-1-razmal-djamal?forceNoSplash=true
https://resources.workable.com/it-manager-job-description
http://isnanprasetya.blogdetik.com/2014/07/10/10-profesi-di-dunia-it-menjanjikan/