Apakah orang yang suka makan es batu identik dengan anemia?

Anemia

Saya suka makan es batu dan teman saya bilang jika orang yang suka makan es batu itu merupakan gejala anemia. Apakah itu benar? Lalu, apa efek yang ditimbulkan dari kebiasaan saya ini jika terus saya biarkan?

Seorang peneliti berkata bahwa sering mengunyah es batu kadang merupakan sebuah kebiasaan yang terjadi karena pelaku memiliki penyakit anemia. Hal tersebut terjadi karena rangsangan akibat dalam tubuh seseorang kurang hemoglobin . Kurang hemoglobin pada darah dapat menyebabkan seseorang melakukan kegiatan mengunyah es batu yang digunakan mereka untuk mengurangi terjadinya infeksi dan peradangan karena kurangnya zat besi.
Hubungan antara mengunyah es batu dengan anemia sebetulnya tidak dapat dibuktikan secara medis dan berdasarkan pada penelitian yang dilakukan para tubuh manusia. Akan tetapi kecenderungan ini memang sering kali terjadi bahwa penderita anemia akut sering kali mengalami sebuah dorongan untuk menghancurkan es lebih banyak dengan giginya.

Efek yang ditimbulkan dari kebiasaan anda, mengunyah es batu/benda keras akan dapat merusak gigi anda. meskipun kelihatannya mengunyah es batu adalah hal yang menyenangkan, tapi kebiasaan tersebut dapat merusak email gigi.

sumber : https://pulauherbal.com/jurnal/3368-bahaya-mengunyah-es-batu.html