Apakah nama permainan tradisional yang berasal dari Negara Srilanka dan bagaimana cara memainkannya?

000000000000

Sri Lanka pun memiliki permainan tardisional khas negaranya. Ada yang pernah memainkannya atau pernaha melihatnya melalui film india?

Kabaddi adalah permainan tradisional dari India yang mirip dengan gobag sodor yang ada di Tanah Air. Di India, Nepal, Bangladesh, Sri Lanka, Pakistan sendiri, kabarnya Kabbadi sudah dimainkan sejak 4000 tahun yang lalu sebagai bentuk hiburan rakyat yang cukup populer di masanya. Sayangnya, sekarang sudah tidak begitu sering dimainkan lagi.

Kabaddi merupakan sebuah permainan tradisional dari India yang akhirnya menjadi olahraga profesional. Walaupun dikatakan hampir sama seperti di Indonesia, namun cara memainkan Kabaddi sedikit ekstrem karena harus dilakukan dengan cara bergulat dan saling dorong untuk mempertahankan daerahnya. Setiap tim akan mengirimkan perwakilan mereka satu orang untuk menyerang ke daerah lawan dan pihak lawan akan berusaha menghentikannya. Permainannya mirip dengan Gobak Sodor di Indonesia, hanya saja ada beberapa aturan berbeda dalam kontak fisik yang dilakukan.

Kabaddi adalah permainan orang-orang Hindustan. Penamaannya di setiap negara pun berbeda-beda. Misal, di Bangladesh, olahraga ini disebut Hadudu, Baibalaa di Maladewa, Chedugudu di Andhra Pradesh, serta Hututu di Maharashtra.

Sejarah Kabaddi
Kabaddi konon adalah permainan yang diciptakan oleh orang-orang Tamil Nadu, sebelah selatan India. Sementara itu, olahraga sejenis dengan aturan yang sedikit berbeda ditemukan di India Utara. Olahraga ini pertama kali dimainkan tahun 1920 dan mulai dikenal luas sejak dimainkan di Olimpiade Berlin 1936.Olahraga ini pun semakin populer, tidak hanya di India, tapi juga negara-negara Asia lainnya, seperti Jepang, Iran, Korea Selatan, sampai Australia pun ikut-ikutan, Picmixers. Saat ini sedang berlangsung Piala Dunia Kabaddi, yang telah memasuki babak semi-final dan para peserta pun juga berasal dari berbagai belahan dunia, seperti Argentina, Inggris, Amerika Serikat, Kenya, hingga Thailand.

Cara Bermain

Untuk peraturan internasional, dua tim yang masing-masing terdiri dari tujuh orang akan menempati bidang berukurran 10 x 13 meter untuk pria, atau 8 x 12 meter untuk wanita. Ada tiga pemain cadangan yang berada di pinggir lapangan.

Permainan dibagi dalam dua babak dengan total waktu main sekitar 40 menit, tanpa ada tambahan waktu. Sementara waktu jeda dari babak pertama ke babak kedua sepanjang lima menit.

Cara mainnya adalah masing-masing tim secara bergantian mengirimkan satu orang untuk masuk ke dalam area lawan. Sementara kubu lain akan berusaha menjatuhkan orang tersebut serta mencegahnya agar jangan sampai melewati garis tengah yang disebut “Bauk Line.” Yang menarik, setiap akan memulai permainan, seorang Raider harus menghirup nafas panjang dan memekikkan “Kabaddi!”

Raider tidak hanya memancing lawan untuk menjatuhkannya sebelum berusaha kembali ke Bauk Line. Mereka juga bisa membuat lawan lain kehilangan anggota dengan menyentuh salah satu anggotanya. Bila berhasil, lawan akan kehilangan satu kekuatan dan tim Raider mendapatkan satu poin tambahan.

Asiknya Bermain Kabaddi
Keasikan pun berawal dari sini, ketika Raider mencoba memancing keluar atau menjamah lawan lewat tepukan atau tendangan. Sang lawan pun juga mengincar kaki atau tangan musuh agar terpegang, kemudian men-taklingnya agar tidak sampai mencapai Bauk Line.

Garis Bonus
Sementara itu, terdapat pula Garis Bonus yang letaknya berada paling belakang. Bila Raider mampu menyentuh area tersebut dan kembali ke area tim tanpa kehabisan nafas, timnya akan mendapatkan poin tambahan. Raider yang gagal harus keluar dari permainan. Tapi dia bisa kembali, Picmixers, yaitu ketika anggota tim lainnya mampu mencetak poin.

Olahraga ini mungkin masih sangat asing di Indonesia. Tapi nggak ada salahnya mengadaptasi game ini dan memainkannya. Siapa tahu, Indonesia punya potensi menjadi juara dunia Kabaddi karena orangnya yang kuat dan lincah. Yuk, populerkan Kabaddi di Indonesia.