Apakah musik merupakan sebuah karya Sastra?

musik merupakan sebuah karya Sastra

Karya sastra merupakan sebuah karya yang dapat menjalar hingga luas. ada beberapa opini masyarakat yang menyatakan Musik merupakan turunan dari karya sastra, apakah benar?

Mengambil kutipan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia tentang pengertian lagu, “Lagu merupakan berbagai irama yang meliputi suatu instrumen dan bernyanyi”.

Lagu mempunyai suatu karismatik tersendiri bagi penikmatnya. Kebiasaan dalam menikmati lagu dengan tempo lambat, sedang, keras atau kencang, dapat memperngaruhi, bahkan membentuk sebuah karakter di dalam diri seseorang. Misalnya, intensitas penikmat lagu yang betempo cepat atau keras, lebih mempengaruhi pada perkembangan psikis berupa, suatu perwujudan sikap semangat. Dan intenstas mendengarkan lagu yan bertempo lambat, menceriminkan suatu gambaran kesediahan atau suatu gambaran ungkapan sikap romantis di dalam diri seseorang.

Menurut laporan Peneitian Tampel University yang dipublikasikan Cochrane Library tentang khasiat lagu bagi pertumbuhan psikis manusia, dan sekaligus dapat menjadi terapi terhadap suatu penyakit. Membuktikan bahwa lagu yang bertempo lambat, ternyata dapat menjadi suatu terapi pada penderita penyakit jantung.

Lagu merupakan karya sastra yang memiliki rating yang lebih luas, dilihat dari segi penikmatnya, dan jika dibandingkan dengan jenis karya sastra lainnya. Dari beberapa jenis karya sastra yang lainnya, seperti; puisi, novel, prosa, cerpen, yang menjadi penikmat akan karya-karya sastra tersebut, hanyalah komunitas-komunitas tertentu, dengan kata lain, yang mengerti akan karya sastra tersebut hanyalah komunitas-komunitas tertentu, dan bukan semua kalangan.

Adanya pengaruh unsur bahasa dan musik di dalam lagu, berupa tanda-tanda atau lambang bahasa dan berbagai irama, yang nantinya akan menuntun ‘emosi’ seseorang, yang secara sadar ataupun tidak sadar, masuk ke dalam pikiran manusia, sehingga dari pikiran manusia yang akan diwujudkan lewat suatu perkataan dan tindakan, dari wujud-wujud tersebutlah, dalam jangka waktu lama, jika diasah akan menjadi sebuah kebiasaan, dan kebiasaan ini akan terwujud pada pembentukan sebuah karakter. Jadi, dapat dikatgorikan bahwa lagu merupakan primadona karya sastra yang dapat membentuk sebuah karakter di dalam diri seseorang.

Sumber: Lagu merupakan primadona karya sastra

1 Like

saya setuju dengan pendapat @Vallian_Kautsar Lagu merupakan berbagai irama yang meliputi suatu instrumen dan bernyanyi. jadi lirik lagu merupakan salah satu jenis karya sastra , dikarenakan struktur makna ,bentuk dan sebagainya sama dengan puisi. karena itu unsur unsur yang membentuk lirik lagu pun sama seperti puisi.

Musik menurut saya bukan sebuah karya sastra, itu lebih kepada produk seni suara yang dihasilkan dari alat-alat yang mengeluarkan bunyi.
Tapi saya sepakat kalau lagu merupakkan karya sastra. Menurut beberapa jurnal yang Saya baca bahwa lagu merupakan sebuah puisi yang dinyanyikan. Selain itu, teori-teori sastra sangat mungkin digunakan untuk menganalisis sebuah lagu dengan alasan itulah saya setuju bahwa lagu merupakan sebuah produk sastra.