Apakah micin itu sebenarnya?

image

Micin atau atau MSG merupakan suatu bahan yang biasa digunakan untuk memasak. Micin ini biasanya bisa membuat makanan yang kita masak menjadi lebih sedap.

apakah sebenarnya micin bisa menurunkan kualitas dan kinerja dari otak manusia? saya pernah mendengar desas desusnya

permisi mbak, saya ingin mencoba menjawab… sebenarnya micin aman untuk dikonsumsi asalkan sesuai dengan takaran yang pas, atau selengkapnya dapat dibaca di https://rahasiaherbals.net/micin-aman-dikonsumsi/
cc: @Aminah_R_Makhtum

Thanks for sharing @naila
Dan untuk mbak @Aminah_R_Makhtum semoga sudah terjawab yaa pertanyaannya :smile:

Pengeritan MSG (Monosodium glutamate) atau yang biasa disebut micin merupakan zat tambahan makanan yang banyak digunakan pada beragam olahan makanan yang ada diIndonesia. Belakangan ini micin santer diperdengarkan dan viral karena banyak meme yang membahasnya dan cenderung menonjolkan sisi negatif dari konsumsi micin seperti penurunan tingkat kecerdasan, menimbulkan berbagai masalah kesehatan, pemicu kanker dan lain sebagainya. Sehingga membuat micin sebagai zat berbahaya dan tidak bagus untuk dicampurkan ke makanan.

Efeknya, banyak dari penikmat kuliner yang lebih memilih makanan tanpa micin atau MSG ketimbang yang menggunakannya. Begitu pula para pedagang makanan, banyak dari mereka yang mempromosikan makanan mereka bebas dari MSG sehingga banyak orang yang tertarik.

Anggapan negatif dari konsumsi MSG ini muncul karena konsumsi MSG dalam jumlah banyak akan meningkatkan reseptor glutamat di tubuh. Bila terjadi gangguan fungsi pada reseptor glutamat maka dianggap akan menyebabkan gangguan persyarafan, akan tetapi banyak ahli yang menyatakan bahwa kondisi ini bukan disebabkan oleh konsumsi glutamat dalam makanan. Karena, untuk memutuskan keamanan suatu bahan tambahan makanan atau penyebab masalah kesehatan tidak hanya berdasarkan suatu laporan dari kumpulan kasus tapi harus dilakukan dengan desain penelitian yang baik.

Baca selengkapnya di: