Apakah membersihkan gigi seperti biasa dapat meningkatkan kesehatan gigi?

Membersihkan gigi adalah hal yang dilakukan sehari-hari. Apakah membersihkan gigi seperti biasa dapat meningkatkan kesehatan gigi?

Menggosok atau menyikat gigi secara teratur dan benar penting dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi. Kerusakan gigi, seperti gigi berlubang, masalah pada gusi, dan bau mulut, dapat dihindari jika rutin menyikat gigi.

Dengan menyikat gigi, gigi dibersihkan dari plak dan sisa majaban yang menempel pada gigi. Agar dapat membersihkan gigi secara menyeluruh, sikat gigi pun harus dilakukan dengan benar.

Sebelum menyikat gigi, siapkan sikat dan pasta gigi. Pilih pasta gigi yang mengadung flouride dan pilih sikat gigi yang sesuai dengan bentuk mulut. Sesuaikan kepala sikat gigi dengan lebar mulut. Kepala sikat dengan ujung lancit memudahkan sikat menjangkau bagian gigi terdalam. Pilih juga sikat dengan gagang yang nyaman dipegang sehingga sikat gigi dilakukan dengan benar tanpa melukai gusi.

Yang jarang dilakukan orang adalah menyikat lidah terlebih dahulu sebelum menyikat gigi. Membersihkan lidah penting dilakukan untuk menghilangkan bakteri anaerob yang menyebabkan bau mulut. Sikat lidah pun menggunakan bulu sikat dan juga menggunakan pasta gigi.

Sikat lidah sejauh yang bisa dijangkau. Semakin jauh ke dalam lidah, semakin bagus karena di bagian paling dalam lidah, banyak bakteri bersarang. Sikat lidah dengan lembut agar jangan sampai melukai lidah.