Apakah manusia dapat melihat jasadnya setelah meninggal?

Manusia bukanlah sekedar apa yang nampak secara kasat mata, terdiri atas berbalut daging dan kulit, yang membutuhkan makanan dan minuman. Hakikat manusia terletak pada sesuatu yang amat berharga di dalam tubuh kasarnya, yaitu roh. Artinya,bahwa exsistensi manusia memiliki jasad sebagai bentuknya,

Apakah manusia dapat melihat jasadnya setelah meninggal?

Berdasarkan sebagian riwayat yang ada, ruh manusia setelah terpisahnya dari badan dan tatkala dikebumikan, memiliki pengawasan atas badan serta mengetahui apa yang terjadi pada badan.

Rasulullah Saw dalam hal ini bersabda:

“Demi Allah yang jiwaku berada di tangan-Nya. Sekiranya (manusia) melihat kedudukan mayit dan mendengarkan ucapannya maka ia akan lalai atas kematiannya sendiri dan menangis atas dirinya sendiri. Bahkan tatkala mayit diangkat dan kerandanya dibawa, ruhnya terbang di atas badannya dan berseru, “Wahai sanak keluarga dan kerabatku! Jangan biarkan dunia mempermainkanmu. Saya mengumpulkan uang halal dan haram lalu meninggalkannya untuk kalian. Kenikmatan (dan pemanfaatan harta itu) untuk kalian sementara perhitungannya untukku. Maka takutlah atas apa yang tengah menimpaku.”