Apakah Manfaat Tanaman Pare?

Banyak sekali manfaat tanaman pare bagi kesehatan, diantaranya sebagai berikut :

  1. Mengendalikan Gula Darah

Manfaat tanaman pare yang pertama adalah dapat mengendalikan gula darah. Dengan sifat insulin yang dimiliki pare, akan membantu membawa glukosa ke dalam sel untuk energi, sehingga glukosa tidak akan menumpuk dalam darah. Selain itu, pare juga akan memindahkan glukasi ke hati, otot, dan jaringan lemak

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dengan kandungan antioksidan yang berlimpah, pare dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan benda-benda asing yang masuk kedalam tubuh. Selain itu juga akan menghilangkan senyawa berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan sejumlah penyakit.

  1. Mengurangi Kolestrol

Pare juga dapat menurunkan kolesterol sehingga mengurangi risiko mengalami penyumbatan di pembuluh darah dan terkena penyakit jantung.

  1. Mengatasi Kanker

Terdapat studi yang menyatakan bahwa pare juga dapat memiliki potensi untuk mengatasi kanker di usus besar, nasofaring, perut, dan paru-paru. Selain mengatasi, pare juga mampu menghampat penyebaran kanker pada payudara

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan flavonoid seperti α-karoten, β-karoten, lutein, dan zeaxanthin pada pare akan membantu meningkatkan kesehatan mata Anda. Tak hanya itu saja, pare juga dapat memperlambat degenerasi makula. Senyawa ini akan menghilangkan radikal bebas dan spesies oksigen reaktif yang dapat mempercepat penuaan dan komplikasi.

  1. Membantu mengobati HIV dan Herpes

Penelitian lain menunjukan bahwa komposisi fitokimia yang terdapat pada pare akan menghambat aktivirus human immunodeficiency (HIV). Tidak hanya itu saja, kandung pare juga dapat mengobati pasien herpes simpleks virus-1 serta mencegah menyebarnya plat herpetik pada orang lain.

  1. Meningkatkan Kesehatan Penceranaan

Serta, vitamin dan yang mengandung pada pare dapat membantu kesehatan pencernaan. Gerakan peristaltik makanan dan limbah yang lancar melalui sistem pencernaan. Dan tentunya masih banyak lagi manfaat yang Anda dapatkan saat mengkonsumsi pare.

Kamu bisa melakukan budidaya tanaman pare menggunakan polybag, sehingga mudah untuk selalu mengkonsumsi sayur pare ini.