Apakah manfaat berolahraga di sore hari?

image
Berolahraga di pagi atau malam hari memang sudah sering ditemui dan dilakukan oleh sebagian lapisan masyarakat. Jogging, senam, yoga, dan berbagai macam olahraga lainnya dapat dilakukan dalam jam-jam tersebut. Meski begitu, terkadang ada beberapa orang yang berolahraga pada sore hari secara teratur. Menurut kalian, apakah berolahraga di sore hari itu baik untuk kesehatan? Apabila baik untuk kesehatan, apakah manfaat yang diperoleh apabila kita berolahraga di sore hari?

Salah satu penelitian di tahun 2019 mengungkapkan, seorang pria yang menderita diabetes tipe 2 secara substansial meningkatkan kontrol gula darahnya jika melakukan latihan HIIT (latihan interval intensitas tinggi) di sore hari selama dua minggu. Sedangkan, jika latihan tersebut dilakukan pada pagi hari, kadar gula darah dapat melonjak dengan cara yang tidak sehat.

Pada data dari penelitian tersebut membandingkan data 12 pria yang secara konsisten berolahraga pada jam 8.00-10.00, dan 20 orang lainnya yang berolahraga pada jam 15.00-18.00. Hasilnya, mereka menemukan bahwa manfaat olahraga sore hari lebih baik daripada olahraga di pagi hari. Setelah 12 minggu, pria yang mengayuh sepeda di sore hari menunjukkan rata-rata sensitivitas insulin yang jauh lebih baik. Dengan begitu, tubuh menghasilkan kemampuan yang lebih besar untuk mengontrol gula darah. Selain itu, mereka yang berolahraga di sore hari juga dapat mengurangi lemak lebih banyak.

Manfaat lainnya dari olahraga pada sore hari adalah dapat meningkatkan kualitas tidur di malam hari, membantu melepas stres, membakar kalori dari makan siang, serta dapat menyinkronkan jam dan metabolisme tubuh dengan lebih baik

Referensi

Olahraga Sore Hari Punya Manfaat Lebih Besar, Benarkah? Halaman all - Kompas.com

Referensi

Manfaat Lari Sore bagi Kesehatan Tubuh - Alodokter