Apakah manajer produk dibutuhkan untuk semua skala perusahaan termasuk start up?

Manajer produk memiliki peran mengomunikasikan visi produk dari jajaran pemimpin eksekutif kepada tim pengembang dan implementasi. Manajer produk memiliki peran menyelidiki, menganalis, memilih, dan mendorong pengembangan sebuah produk. Kemudian perusahaan seperti apakah yang memerlukan manajer produk? Apakah start up juga memerlukan manajer produk?
.

Sebuah perusahaan memerlukan manajer produk apabila memiliki atau menerapkan manajemen produk dalam sebuah divisi tersendiri. Manajemen produk memiliki posisi yang terpisah dari peran secara teknikal. Sebuah perusahaan yang ingin menerapkan manajemen produk harus fokus terhadap kerja produk sehingga dapat menarik konsumen.

Produk dalam konteks pengembangan software, membuat website, dan membuat aplikasi atau layanan online yang menggunakan interaksi user merupakan produk dalam manajemen produk dalma dunia teknologi informasi. Tanggung jawab seorang manajer produk tergatung seberapa besar skala perusahaan, seorang manajer produk dapat bertanggung jawab mengenai sistem ataupun bagian dari sistem. Sehingga manajer produk dapat diterapkan dalam skala perusahaan apapun, baik besar maupun kecil hingga start up sekalipun dengan persyaratan perusahaan memiliki sumber daya yang mampu bertanggung jawab sebagai manajer produk dan telah menerapkan manajemen produk menjadi fokus tersendiri.

Jika kita membahas start up secara khusus maka kita perlu mengingat bahwa kualitas produk startup dapat didefinisikan sebagai bagaimana kemampuan sebuah produk dapat digunakan oleh user. Menganai kemudahan, fitur yang tersedia, kecepatan, ketahanan, dan seberapa banyak bug dan modifikasi yang ada. Dalam hal ini manajer produk perlu menjalankan perannya dalam empat ha yaitu strategy yang merupakan serangkaian visi dan strategi yang harus dipahami dan dipertanggung jawabkan manajer produk sehingga tim dapat berada dalam satu jalur dengan visi dan strategi perusahaan, release yaitu seorang manajer produk harus mampu merencanakan timeline dan target dalam implementasi sehingga seluruh aktifitas yang dibutuhkan agar produk dapat berada di pasar dapat terpenuhi, ideation yaitu seorang manajer produk harus mampu mengorganisir setiap ide yag ada dan melakukan prioritas, dan terakhir adalah features dalam hal ini seorang manager produk tidak hanya dituntut mampu memprioritaskan ide yang akan di generate tetapi juga fitur-fitur yang diperlukan dalam mencapai tujuan.

Permasalahan dalam manjeme produk yang dihadapi oleh seorang manajer produk bukan hanya masalah strategi dan tujuan yang terpengaruh skala perusahaan tetapi juga bagaiman produk mampu memperoleh pasar yang sesuai sehingga dapat memperoleh keuntungan yang lebih banyak.

Penting bagi sebuah start up untuk memperoleh pasar yang sesuai. Sehingga walaupun bukan perusahaan besar perusahaan kecil dan start up sekalipun membutuhkan manajer produk untuk mencapai kesuksesan bisnis dengan memenuhi kebutuhan user melalui perencanaan dan pelaksanaan solusi digital secara berkelanjutan. Produk manager beguna untuk memperoleh dan mengelolah target pemasaran, seluk beluk sebuah produk, kebutuhan bisnis, dan ukuran kesuksesan sebuah bisnis.

Penerapan manajer produk sebenarnya tidak berfokus kepada skala perusahaan, tetapi mengenai beberapa pola pikir yang menentang atau merasa tidak membutuhkan manajer produk. Keberatan tersebut mencakup pemikiran bahwa merasa telah memiliki cukup banyak sumber daya yang berkompeten dalam menjalankan fungsi dalam perusahaan, merasa manajer produk akan menimbulkan pengeluaran biaya yang percuma, merasa adanya manajer produk menghambat perkejaan dengan alur yang sudah atau rasa terlalu memiliki sehingga tidak rela melepas produk untuk dipertanggung jawabkan kepada orang lain. Penting bagi seorang manajer produk mampu memahami gambaran keseluruhan dari visi, strategi. dan rincian pelaksanaan sehingga dapat memberikan keputusan yang baik.
Terdapat beberapa bidang yang sesuai dalam penggunaan manajer produk yaitu bidang internet of things,healtcare, banking and finance, dan entertainment,.

Referensi

Why Companies Need Full-Time Product Managers (And What They Do All Day) — Smashing Magazine
4 Industries to Consider for Product Management Jobs
Jumping Into Product Management | Dice.com Career Advice
What Education Do You Need to Be a Product Manager? | Work - Chron.com

This text will be hidden