Apakah manajer pemasaran memiliki keterkaitan dengan manajemen produk?

Manajer pemasaran adalah orang yang memiliki peran merencanakan, mengarahkan kebijakan dan program pemasaran dengan melihat permintaan untuk peroduk dan jasa yang ditawarkan, pesaingnya dan mengidentifikasi pelanggan potensial.

Apakah keterkaitan peran dalam manajer pemasaan dengan manajemen produk?

Manajer pemasaran bergerak dalam bidak taktikal. Seorang manajer pemasaran bertanggung jawab dalam mendukung komunikasi pelanggan. Seorang manajer pemasaran juga aktif dalam melakukan interaksi dengan pelanggan, mengetahui apa yang ingin dibeli pelanggan, mengedukasi penggunaan produk, dan mengetahui seluk belum alasan sebuah produk dapat tidak tergantikan. Jika membicarakan keterkaitan antara manajer pemasaran dalam manajemen produk maka kita dapat melihat hubungan kerja antara manajer pemasaran dan manajer produk, dua peran yang memimpin bidang manajemen tersebut. Jika manajemen pemasaran berada pada level taktikal, manajemen produk berada dalam level non taktikal.

Sebelum manajer pemasaran memberitahu pelanggan mengenai seluk-belum produk, seorang manajer produk dapat membuat jawaban sementara mengenai apa yang dipikirkan pelanggan mengenai produk. Manajer produk mempelajari dan memahami apa yang diinginkan oleh pelanggan dan membuat produk sebagai jawaban keinginan pelanggan, sehingga produk yang dirilis dapat berada pada keadaan right product in right time . Manajer produk juga mengawasi produk mulai dari pengembangan hingga pemasaran, ia juga memiliki tanggung jawab menyelaraskan produk agar sesuai dengan tujuan brand. Manajer produk juga memiliki tanggung jawab melaporkan hasil kepada chief marketing officers.

Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa seorang manager pemasaran memiliki kaitan dengan manajemen produk dalam hal manajer pemasaran memimpin tim pemasaran agar menjadi jembatan interaksi dengan pelanggan setelah produk yang dibuat dengan penyesuaian dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan menurut keputusan manajemen produk dapat berlangsung efisien dan effektif sheingga tujuan perusahaan dapat tercapai.

Referensi

The Product Manager vs. the Product Marketing Manager | HuffPost Impact

Web Page Under Construction