Apakah manajemen organisasi dan metode yang digunakan dalam suatu organisasi saling berkaitan?

Berita_Biro_Personalia_30072012085008_struktur

Dalam suatu organisasi, pasti memiliki sebuah metode yang menunjang aktivitas kerja. Dalam menerapkan metode tersebut, apakah penting untuk mengaitkan dengan aspek manajemen organisasi?

Tentu saja berkaitan. Berikut penjelasannya:

  • Hubungan Timbal Balik Antara Manajemen dan Organisasi
    Sebuah organisasi merupakan wadah atau tempat berkumpulnya sekelompok orang yang memiliki proses kegiatan. Sehingga apabila sebuah organisasi memiliki manajemen, kerjasama kedua komponen tersebut dalam menyelesaikan kegiatan yang dimiliki organisasi menjadi lebih efektif. Sehingga secara langsung antara manajemen dan organisasi terjadi hubungan timbal balik yang baik karena keduanya saling memerlukan. Dengan adanya dua komponen tersebut, kerjasama yang dibangun diharapkan menjadi lebih efektif dalam pencapaian tujuan.

  • Hubungan Timbal Balik Antara Manajemen dan Metode (Tata kerja)
    Dalam kegiatan manajemen, adanya metode atau tata kerja dapat menunjang keteraturan karena proses kegiatan yang ada dapat ditangani secara bertahap dan lebih terfokus. Apabila terjadi kesalahan dapat ditangani lebih cepat dan tepat sasaran, sehingga tidak membuang waktu dan biaya. Jadi, untuk mencapai tujuan dapat lebih tepat sasaran, metode yang di kerjakan ada baiknya sesuai dengan prosedur yang ditetapkan agar hasilnya sesuai dengan tujuan dan tidak membuang waktu & biaya.

  • Hubungan Timbal Balik Antara Organisasi dan Metode (Tata Kerja)
    Dengan mempertimbangkan untuk mengaitkan metode dalam organisasi, proses kegiatan dalam menyusun perencanaan yang lebih terkoordinasi sehingga pembagian tugas dan tanggung jawab dapat dilakukan dengan tepat untuk mencapai hasil yang maksimal.

  • Hubungan Timbal Balik Antara Organisasi, Manajemen, dan Metode (Tata Kerja)
    Apabila pemanfaatan manajemen dan metode dalam organisasi memiliki kerjasama yang baik, pemanfaatan sumber daya dan waktu yang ada dapat dilakukan secara tepat dan lebih terkoordinasi sesuai dengan proses kegiatan yang ditetapkan. Maka untuk mencapai tujuan organisasi akan bisa lebih efisien dan efektif. Karena ketiganya jika dilakukan sesuai dengan tugasnya maka hubungan timbal balik itu akan saling menguntungkan untuk ketiganya.

Eratnya hubungan atau hubungan timbal balik antara ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut:

  • Manajemen: Proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia.
  • Organisasi: Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerja sama.
  • Metode: pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.

Dari konsep tersebut, jelaslah bahwa manajemen, organisasi, maupun metode ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan.

Sumber: