Apakah makan permen karet dan permen lainnya dapat menyebabkan bau mulut?

Bau Mulut

Apakah makan permen karet dapat membuat bau mulut?

Permen karet bisa membuat masalah pada mulut menjadi lebih buruk. Rasa mereka yang beragam dan kuat di mulut ternyata dapat memicu bau mulut.

James Buchanan, seorang dokter gigi asal Maryland, Amerika Serikat mempelajari lebih dalam tentang pengaruh permen karet terhadap mulut para pasiennya. Bedasarkan pengamatannya, kebanyakan permen karet yang telah dikonsumsi para pasien James justru malah bekerja sebaliknya, yaitu memicu bau mulut.

James mengatakan bahwa bukan kandungan gula dari permen karet yang mempengaruhi reaksi kuman penyebab bau mulut pada gusi. Namun, ada reaksi lain dalam kandungan permen karet yang dapat berubah menjadi asam.

“Bakteri pada mulut dapat mengubah gula dalam permen karet mint menjadi kandungan asam. Itulah yang dapat menurunkan gigi dan menyebabkan bau pada mulut,” kata James, melansir Shared, Minggu (14/1/2018).

Pakar kesehatan gigi, James Buchanan menyebutkan bahwa mint memang mampu mengusir aroma nafas yang menyengat, namun, bakteri di dalam mulut justru akan mendapatkan bahan makanan dari gula yang ada dalam permen tersebut. Gula ini akan diubah menjadi asam yang bisa merusak gigi dan akhirnya menyebabkan bau mulut menjadi semakin parah.

Lantas, apakah hal ini berarti kita tidak bisa mengkonsumsi permen mint untuk mengatasi masalah bau mulut? Asalkan permen mint yang kita konsumsi adalah yang bebas gula, maka permen ini tidak akan membuat bau mulut semakin parah. Dr. Buchanan juga menyarankan kita untuk rutin mengkonsumsi buah dan yoghurt saat sarapan yang bisa membuat mulut menjadi lebih bersih. Tak hanya itu, apel atau seledri juga bisa kita makan jika ingin meningkatkan produksi air liur yang akan membersihkan berbagai bakteri penyebab bau mulut.

Tak hanya mengatur asupan makanan dan minuman tertentu, ada baiknya kita juga tidak merokok agar nafas tetap segar. Selain itu, pastikan untuk membersihkan gigi dan mulut secara teratur karena jika kita tidak melakukannya, plak akan menumpuk pada gigi yang bisa memancing perkembangbiakan bakteri penyebab bau mulut dengan pesat.

Sumber: http://doktersehat.com/bukannya-bikin-nafas-segar-permen-mint-justru-membuat-bau-mulut-semakin-parah/