Apakah langkah efektif untuk mengatasi sariawan dengan benar?

Sariawan biasanya memang bisa sembuh sendiri tanpa perawatan. Namun sariawan juga bisa menjadi gejala penyakit serius lain jika berlangsung lebih dari dua minggu. Apakah langkah efektif untuk mengatasi sariawan dengan benar?

Berikut ini adalah beberapa langkah efektif untuk mengatasi sariawan dengan benar.

  1. Hindari Minum Alkohol
    Cara mencegah sariawan di mulut datang kembali yang paling ampuh adalah hindari minum. Kebiasaan minum alkohol juga bisa meningkatkan resiko terkena sariawan. Alkohol mengandung berbagai jenis jamur yang terjadi selama proses fermentasi. Selain itu alkohol juga bisa membuat rasa tidak nyaman untuk bagian tenggorokan dan sekitar mulut. Karena itu sebaiknya hentikan kebiasaan minum alkohol. (baca : bahaya alkohol)

  2. Jangan Makan Karbohidrat Olahan
    Berbagai jenis makanan yang mengandung karbohidrat olahan seperti roti putih dan pasta juga bisa menyebabkan sariawan. Jika dikonsumsi berlebihan maka bisa menyebabkan organ mulut Anda bersentuhan secara langsung dengan ragi atau jamur yang terdapat dalam makanan. Sisa makanan yang terus menempel dalam mulut bisa menyebabkan sariawan. (baca : makanan yang mengandung karbohidrat)

  3. Hindari Makanan Mengandung Gula Tinggi
    Kebiasaan makan atau minum dengan kandungan gula yang tinggi akan membuat Anda bisa terkena sariawan. Gula pasir dan berbagai jenis gula tambahan akan menyebabkan pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab sering sariawan bisa berkembang. Anda bisa makan beberapa makanan tertentu tapi tidak terlalu sering. Terkadang sisa makanan yang terus menempel dalam mulut juga bisa menyebabkan sariawan.

  4. Biasakan untuk Berkumur
    Berkumur dengan menggunakan cairan desinfektan atau obat mulut bisa mencegah sariawan. Berkumur akan membantu Anda membersihkan semua jenis bakteri, jamur dan virus yang masuk ke dalam mulut. Anda mungkin berpikir semua penyebab sariawan ini akan hilang hanya dengan menggosok gigi namun ternyata tidak. Jadi berkumur dengan obat kumur bisa dilakukan dua kali sehari setelah menggosok gigi.

  5. Sikat Gigi Secara Teratur
    Sikat gigi akan membantu menurunkan resiko terkena sariawan. Sikat gigi akan membuat Anda merasa cukup bersih terutama di bagian gigi, sela gigi dan mulut secara keseluruhan. Berbagai sisa makanan yang menempel pada gigi akan hilang dan mulut Anda akan menjadi lebih segar dan nyaman. Lakukan gosok gigi dengan gerakan yang tepat dan gunakan pasta gigi yang sesuai dengan tipe dan masalah kesehatan gigi Anda.

Sumber: https://halosehat.com/penyakit/sariawan/cara-mencegah-sariawan