Apakah keuntungan menggunakan teknik Monte Carlo dan bagaimana langkah-langkahnya?

Monte Carlo merupakan salah satu teknik yang melibatkan dampak risiko yang teridentifikasi dengan menjalankan simulasi untuk mengidentifikasi berbagai kemungkinan hasil dari skenario. Biasanya dilakukan dengan membuat model Matematika dan kemudian menjalankan simulasi menggunakan model ini untuk memperkirakan dampak risiko proyek.

Apakah keuntungan menggunakan teknik Monte Carlo dan bagaimana langkah-langkahnya?

Setiap kali menghadapi perkiraan kompleks atau situasi peramalan yang melibatkan tingkat kompleksitas dan ketidakpastian yang tinggi, disarankan untuk menggunakan simulasi Monte Carlo dalam melakukan analisis kemungkinan. Teknik monte carlo sangat efektif karena didasarkan pada evaluasi data secara numerik dan tidak ada dugaan yang terlibat.

Adapun manfaat utama menggunakan analisis Monte Carlo, yaitu:

  • Merupakan metode yang mudah digunakan untuk mencapai hasil yang mungkin pada kejadian yang tidak pasti dan batas keyakinan yang terkait. Satu-satunya prasyarat yang dibutuhkan adalah kita harus mengidentifikasi batas jangkauan dan korelasi dengan variabel lain.

  • Merupakan teknik yang berguna untuk mempermudah pengambilan keputusan berdasarkan data numerik untuk mendukung keputusan.

  • Simulasi Monte Carlo biasanya berguna saat menganalisis biaya dan jadwal. Dengan bantuan analisis Monte Carlo, kita dapat menambahkan biaya dan jadwal risiko ke model peramalan dengan tingkat kepercayaan yang lebih besar.

  • Digunakan untuk menemukan kemungkinan untuk memenuhi milestone pencapaian proyek dan sasaran.

Sedangkan, langkah-langkah yang harus dilakukan ketika menggunakan teknik Monte Carlo sebagai berikut.

  • Identifikasi variabel risiko utama
  • Identifikasi batas jangkauan untuk variabel proyek
    Proses ini melibatkan penentuan nilai maksimum dan minimum untuk setiap variabel risiko proyek yang teridentifikasi.
  • Menetapkan hubungan untuk variabel yang berkorelasi
    Dalam simulasi Monte Carlo, nilai input untuk variabel risiko proyek dipilih secara acak untuk menjalankan simulasi. Oleh karena itu, jika input variabel risiko yang dihasilkan melanggar korelasi antara variabel, maka output cenderung pada nilai yang diharapkan.
  • Menjalankan simulasi berjalan
    Saat menjalankan simulasi berjalan, nilai acak variabel risiko dipilih dengan distribusi probabilitas dan korelasi yang ditentukan.
  • Analisis statistik hasil simulasi
    Distribusi probabilitas kumulatif dari semua proses simulasi diplot dan dapat digunakan untuk menginterpretasikan probabilitas untuk hasil proyek yang berada di atas atau di bawah nilai tertentu. Distribusi probabilitas kumulatif ini dapat digunakan untuk menilai risiko proyek secara keseluruhan.

Sumber :
http://quantmleap.com/blog/2010/07/project-risk-management-and-the-application-of-monte-carlo-simulation/