Apakah ketombe menyebabkan rambut rontok?

Ketombe biasanya menyebabkan gatal pada kulit kepala, dan ketika menggaruknya apakah dapat menyebabkan rambut rontok?

image

Ketombe yang tak tertangani dengan baik memang dapat menyebabkan rambut rontok. Oleh karena itu untuk mengatasi rambut rontok Anda, sebaiknya atasi dulu permasalahan ketombenya. Untuk mengobati ketombe, disarankan menggunakan shampoo yang mengandung zinc pirition, tea tree oil, ataupun shampoo antijamur yang mengandung ketokonazol.

Sementara itu, menurut situs Live Strong, salah satu penyebab kenapa ketombe sering dikaitkan dengan kerontokan rambut adalah karena ketombe menyebabkan iritasi dan rasa gatal di kulit kepala. Orang yang berketombe otomatis sering menggaruk kulit kepala mereka untuk mengatasi rasa gatal tersebut. Menggaruk kurit kepala yang dilakukan dengan sering ini bisa menyebabkan akar rambut jadi tidak kuat. Inilah yang kemudian membuat rambut menjadi rontok.

Ketombe juga bisa menjadi pemicu rambut rontok karena saat rambut dipenuhi bintik putih itu bisa menyebabkan menutupi folikel rambut. Ketika folike rambut dipenuhi ketombe, rambut baru tidak bisa tumbuh, inilah yang menyebabkan kerontokan.

sumber: