Apakah kepribadian ekstrovert dan introvert seseorang menentukan kesuksesan?

Apa kamu sosok yang mudah bergaul dan akan merasa kesepian saat tidak bertemu orang lain? Jika iya, kamu termasuk dalam sekelompok orang ekstrovert. Orang ekstrovert ini memiliki kepribadian yang lebih terbuka, periang dan menyukai aktivitas sosial, seperti berinteraksi dengan orang lain karena menurutnya bergaul adalah hal yang menyenangkan.

Kebalikan dari ekstrovet, yaitu introvert. Sosok introvert ini cenderung fokus kepada pikiran, perasaan, dan suasana hati yang berasal dari dalam diri. Orang yang introvert mengumpulkan energinya dari dalam diri sendiri makanya tidak lebih sering berkumpul dengan kawan, karena akan menguras energi mereka.

Nah, pada dasarnya setiap orang memiliki sisi introvert dan extrovert di dalam kepribadian mereka masing-masing. Akan tetapi, salah satu sisi akan muncul lebih dominan dalam karakter orang tersebut. Lalu, apakah orang yang berbeda kepribadian ini memiliki peluang kesuksesan yang sama? Atau akan ada yang lebih sukses? Menurutmu bagaimana?

2 Likes

Menurutku, si introvert dan si ekstrovert akan dapat sukses dengan cara mereka masing-masing. Jika mereka dapat memanfaatkan kepribadian mereka sebagai kekuatan, justru itu bisa menjadi potensi yang bagus banget. Menjadi seorang yang introvert bukan berarti itu buruk. Justru mereka berpeluang lebih tinggi di bidang pekerjaan yang membutuhkan tingkat fokus yang lebih tinggi. Jadi, itu semua kembali ke diri masing-masing. Kita harus bisa manfaatin semua potensi yang kita miliki menjadi kekuatan yang bisa nganterin kita ke kesuksesan.

1 Like

Menurutku kepribadian seseorang tidak bisa menjadi tolak ukur kesuksesan seseorang. Namuin, kerja keras dan kegigihan orang tersebutlah yang menjadi penentu kesuksesan mereka. Kepribadian seseorang menurutku adalah menjadi suatu “pedoman” bagi mereka untuk cocok bekerja pada bidang apa mereka kelak, apakah itu dibalik layar? atau tampil dihadapan banyak orang? Kunci kesuksesan si introvert dan ekstrovert adalah dengan memanfaatkan kepribadian mereka untuk mengembangkan potensi diri mereka masing-masing dengan menekuni apa yang mereka sukai.

1 Like

Menurut aku introvert atau ekstrovert bukan penentu kesuksesan seseorang. Apapun kepribadiannya kalau dari dirinya sendiri punya keinginan yang kuat dan berusaha semaksimal mungkin, pasti kesuksesan itu bisa diraih. Standar kesuksesan seseorang juga beda-beda jadi introvert ataupun ekstrovert pasti bisa sukses dijalannya masing-masing.

1 Like

Kelihatannya tidak, karena seperti yang saya tau jeff bezos dan bill gates pernah mengaku kalau dirinya introvert. Dan juga tidak dipungkiri yang memiliki kepribadian ekstro juga bisa sukses banyak juga. Jadi menurut saya kesuksesan tergantung seseorang memandang dirinya bisa sukses atau tidak, seperti itu si.

1 Like

kalau dari saya sih suksesan mana antara introvert dan extrovert, tergantung kepribadian dan skill yang mereka miliki sih. tetapi yang paling besar peluang menjadi sukses menurut aku ektrovert karena kalau ingin sukses kita butuh yang namanya bantuan orang lain juga. orang bisa sukses tanpa bantuan orang lain itu sangat kecil kemungkinannya bisa sukses. se-introvertnya jef bezos dia juga memerlukan bantuan orang lain untuk bisa menjadi orang yang sukses seperti sekarang

1 Like

Menurut saya kepribadian ekstovert dapat lebih membantu untuk menuju kesuksesan. Karena orang yang ekstrovert biasanya dapat membangun relasi dan memiliki kemampuan public speaking yang lebih baik. Tapi semuanya kembali kepada kegigihan dan keinginan untuk sukses dari pribadi masing-masing

1 Like