Apakah kantong semar merupakan tanaman karnivora?

kantong semar
Anda tentu telah mengenal dengan baik bunga kantong semar bukan? Salah satu bunga unik ini memang banyak sekali dikagumi oleh orang. Apakah benar kantong semar merupakan tanaman karnivora?

Bibir lubang kantong dilengkapi dengan alat penipu. Organ itu berwarna merah serta mampu menebarkan aroma manis. Warna bibir kantong semar yang merona serta beraroma manis itu akan memikat dan membuat lengah calon mangsa. Binatang yang terpikat akan tergelincir masuk ke dalam kantong antara yang licin. Cairan asam (enzim proteolase) yang berada dalam kantong tengah lalu mencerna tubuh mangsa itu. Tubuh mangsa naas itu kemudian diolah menjadi garam Posphat dan nitrat yang kemudian diserap oleh kantong semar.

Tidak semua jenis kantong semar memiliki mangsa favorit yang sama. Semut adalah menu kesukaan bagi Nepenthes mirabilis namun ada juga yang menyukai rayap seperti N. albomarginata. Ada pula species katung semar yang “vegetarian” alias tak suka menyantap daging tetapi melalap guguran dedaunan dari tumbuhan yang berada di atasnya (Nepenthes ampullaria). Bahkan ada Kantung Semar yang menyukai kotoran burung (Nepenthes lowii).