Apakah kamu tahu lagu kebangsaan Negara Kanada?

Kanada merupakan negara paling utara yang berada di Amerika Utara. Kanada merupakan federasi dari 10 provinsi dan 3 teritori dengan sistem desentralisasi dan pemerintahan yang berbentuk monarki konstitusional. Kada dibentuk pada tahun 1867 dengan undang-undang Konfederasi. Ibukota negara ini adalah Ottawa.

1 Like

O Canada adalah lagu kebangsaan Kanada. Lagu ini pertama kali dinyanyikan pada tahun 1860. Penulis lagu ini adalah Adolphe-Basile Routhier (Bahasa Perancis) dan Robert Stanley Weir (bahasa Inggris).

Lagu kebangsaan negara Kanada adalah “O Canada” (Prancis: Ô Kanada). Lirik aslinya dalam bahasa Perancis. Terjemahan bahasa Inggris diterbitkan pada tahun 1906. Berbagai versi bahasa Inggris pun terjadi, dengan versi Robert Stanley Weir pada tahun 1908 mendapatkan popularitas tertinggi dan akhirnya menjadi dasar untuk lirik resmi yang diberlakukan oleh Parlemen.

“O Canada” telah menjadi lagu kebangsaan de facto sejak 1939, secara resmi menjadi lagu kebangsaan negara itu pada tahun 1980 ketika Undang-undang Lagu Kebangsaan Kanada menerima persetujuan dari kerajaan dan mulai berlaku pada 1 Juli sebagai bagian dari perayaan Hari Dominion tahun itu.

Lirik O Canada :

O Canada!
Our home and native land!
True patriot love in all of us command.
With glowing hearts we see thee rise,
The True North strong and free!
From far and wide,
O Canada, we stand on guard for thee.
God keep our land glorious and free!
O Canada, we stand on guard for thee.
O Canada, we stand on guard for thee