Apakah Kalian Memiliki dan Merasakan Fobia Terhadap Sesuatu ? Jika Iya, Apakah itu?

Tentu kita tidak asing lagi dengan apa yang disebut sebagai " Fobia " bukan ? Istilah Fobia sendiri mengacu kepada sebuah tipe dari gejala gangguan kecemasan (anxiety disorder) yang di definisikan sebagai " ketakutan terus menerus dan berlebihan terhadap sebuah objek atau situasi tertentu ". Penyebab pasti dari fobia ini sendiri hingga saat ini menjadi perdebatan para ilmuwan dan ahli psikologi, tetapi mereka menyimpulkan jika fobia terbentuk sebagai hasil dari memiliki sebuah pengalaman negatif atau serangan panik (panic attack) yang berhubungan dengan suatu objek atau situasi. Tetapi bisa juga, fobia ini sendiri disebabkan oleh faktor genetik yang dimana ilmuwan juga percaya jika ada kemungkinan jika terdapat sebuah hubungan yang spesifik antara fobia yang kamu alami dengan fobia atau anxiety yang dialami oleh orang tua-mu.

Yang pasti jika fobia yang kamu alami sudah berlarut - larut serta mulai mengganggu aktivitas keseharianmu, maka sangat disarankan untuk mendapatkan perawatan. perawatan disini bisa berbentu konsultasi dengan psikiater atau dengan metode - metode yang lainnya. Fobia sendiri juga memiliki beberapa tipe seperti fobia khusus (specific phobias), fobia sosial (social phobias), dan juga agoraphobia (ketakutan terhadap sebuah tempat atau situasi tertentu yang menyebabkan perasaan panik, tidak berdaya, dan juga rasa malu). Jika dibagi lagi, maka jenis phobia di setiap tipenya ada banyak sekali.

Misalnya ada Thalassophobia (ketakutan terhadap perairan dalam seperti laut atau samudera), Trypophobia (ketakutan terhadap pola - pola lubang yang tersusun dalam bentuk banyak dan padat), atau Acrophobia (ketakutan terhadap ketinggian).

Nah, youdics sekalian, apakah ada yang memiliki fobia atau ketakutan terhadap suatu objek atau situasi tertentu ? Jika iya, kalian memiliki ketakutan kepada apa ?

Boleh diceritakan juga kapan dan dimana kalian mendapatkan fobia - fobia itu ya

Saya adalah orang yang takut dengan air bisa dibilang Saya memiliki fobia aquaphobia. Fobia ini Saya rasa bermula ketika Saya hampir tenggelam saat diajak berenang pertama kali oleh saudara Saya. Rasa pernah tenggelam ini, membuat Saya panik dan cemas ketika berada di dalam air yang cukup banyak seperti kolam renang. Entah kenapa Saya sangat takut apabila Saya tiba-tiba tenggelam dan tidak ada yang tahu menahu saat hal buruk ini terjadi. Saya juga tidak bisa berenang. Jadi apabila ada orang yang akan mengajak Saya berenang. Saya akan berpikir panjang sebelum hal ini terjadi. Ada satu hal lagi, Saya juga cukup takut dengan ketinggian hahaha.

Saya pribadi memiliki fobia ketinggan, ketika saya berada di ketinggan tertentu dan saya melihat ke bawah. Kaki saya akan gemetar dan badan saya akan lemas. Jujur, saya tidak tau mendapatkan fobia itu dimana, tetapi saya pernah ke tebing pantai, dari situ saya ketakutan, dan saya menetapkan kalo saya ini sangat fobia akan ketinggian.

Saya tidak tahu apakah ini bisa disebut dengan fobia atau hanya ketakutan biasa. Namun, saya sangat takut terhadap petir dan guntur. Bahkan saat hujan belum turun dan masih mendung saya merasa gelisah dan takut tanpa sebab. Biasanya untuk mengatasi hal ini saya akan tidur atau diam di dalam kamar sampai hujan reda.