Apakah kajian sosiologi politik itu sama dengan kajian politik?

Menurut A.A. Said Gatara dan Moh. Dzulkiah Said sosisologi politik adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara masyarakat dan politik, hubungan antara masyarakat dengan lembaga-lembaga politik di satu sisi dan masyarakat dengan proses politik di sisi yang lain. Contoh proses politik adalah sosiologi, partisipasi, rekruitmen, komunikasi dan konflik.

Sedangkan Keith Faulks memberikan pemahaman yang lebih sederhana, yaitu :
• obyek sosiologinya adalah masyarakat sipil
• sosiologi politiknya adalah sosiolisasi politik, rekruitmen politik, komunikasi politik, partisipasi politik, konflik politik, demokrasi, budaya politik, Gerakan sosial, perubahan politik.
• obyek politiknya adalah actor politik, lembaga negara dan partai politik yang memiliki kapasitas sehingga berkuasa dalam negara.

secara umum fokus studi sosiologi terbagi menjadi beberapa studi, salah satunya yaitu sosiologi politik adalah cabang sosiologi yang membahas masalah kekuasaan yang berkaitan dengan Negara oleh karena itu unit analisisnya adalah Negara.
berdasarkan teori diatas Apakah kajian sosiologi politik itu sama dengan kajian politik?

sumber : Fitria Dewi Susi, Sosiologi Politik, (Yogyakarta, GRE PUBLISHING : 2017)

3 Likes

terimakasih cukup bermanfaat. saya mendapati pelajaran sosiologi di fakultas fisip dengan jurusan ilmu perpustakaan. tentu kedua hal ini berbeda, sosiologi politik melibatkan analisis masyarakat, respon sipil, dan dilakoni oleh sosiolog. namun tidak terlalu tinggi standarnya, hanya sebatas faktor, implementasi, dan efek dari perumusan kebijakan negara yang ditujukan kepada penilaian masyarakat. sedangkan politik sepenuhnya mengkaji dari akar rumput sampai politik dunia melalui tiap aspek yang menyinggung kondisi perpolitikan.

1 Like

halo Mohammad Rhenald Armand! terimakasih atas tanggapan serta telah menjawab pertanyaan saya dengan secara singkat dan mudah dibahami.