Apakah ikan hias termahal di dunia ?

Dari sekian banyak jenis ikan hias, yang manakah yang paling mahal ?

Ikan naga dan arowana termasuk golongan ikan hias termahal. Ikan hias termahal ini memiliki kekhasan, yaitu warna tubuhnya yang keputihan, merupakan efek mutasi yang amat langka di antara jenis arowana. Hal lain yang menjadikan arowana platinum tersebut menjadi ikan hias termahal adalah kesempurnaan yang dimilikinya, yaitu tidak adanya bintik-bintik putih atau warna lain pada tubuhnya.

Kekurangan dari arowana termahal di dunia ini, yang merupakan kekurangan dari semua jenis arowana, adalah matanya yang menghadap ke bawah. Akan tetapi tetap saja hal ini tidak mengurangi nilainya, yang menjadikannya ikan hias termahal di dunia. Sekali lagi kondisi ini adalah masalah umum pada arowana, sehingga banyak pemelihara dan pencinta arowana bersedia membayar mahal untuk dilakukan ‘bedah plastik’ untuk arowana mahal mereka.

Bukti bahwa Platinum arowana milik Aro Dynasty adalah ikan hias termahal, karena pernah ditawar seharga US$ 80,000 (+ Rp 760.000.000,-), bahkan seorang importir ikan hias dari Inggris pernah menawarnya dengan harga £200,000 atau sekitar Rp 2,87 Milyar. Tetapi sayangnya ikan hias paling mahal ini tidak untuk dijual. Meskipun kita hanya dapat membayangkan memiliki ikan hias termahal ini, tetapi beberapa orang patut berbangga dengan mengatakan mereka pernah melihat ikan hias paling mahal di dunia ini pada pameran Aquarama 2007.

Sumber: https://kuliah-ikan.blogspot.co.id/2013/03/ikan-hias-termahal-di-dunia-saat-ini.html

10. Candy Basslet – $1,000

Candy Basslet

9. Clarion Angelfish – $2,500

Clarion Angelfish

8. Wrought Iron Butterflyfish – $2,700

Wrought Iron Butterflyfish

7. Australian Flathead Perch – $5,000

Australian Flathead Perch

6. Neptune Grouper – $6,000

Neptune Grouper

5. Golden Basslet – $8,000

Golden Basslet

4. Bladefin Basslet – $10,000

Bladefin Basslet

3. Peppermint Angelfish – $30,000

2. Freshwater Polka Dot Stingray – $100,000

Freshwater Polka Dot Stingray

1. Platinum Arowana – $400,000

Platinum Arowana

1. Polka Dot Stingray

Ikan Polka Dot Stingray

Polkad Dot Stingray merupakan ikan pari kecil yang memiliki pola warna yang sangat unik yaitu berwarna hitam dan memiliki titik putih. Jenis ikan ini termasuk kedalam jenis ikan langka yang tidak semua perairan memiliki habitat ikan ini. Para penjual ikan ini biasanya mendapatkan beberapa ekor ikan ini dari sungai Xingu, Brazil.

Ikan ini akan berenang mendekati permukaan jika ia sedang lapar dan ingin mencari makan sehingga akan dengan cukup mudah untuk menangkap ikan ini. Diketahui bahwa ikan ini memiliki harga yang sangat tinggi yakni 1.3 milyar rupiah. Namun untuk saat ini sudah ada himbauan untuk tidak menangkap ikan ini lagi karena habitatnya yang sudah semakin menipis.

2. Pappermint Angelfish

Ikan Pappermint Angelfish

Pola yang dimiliki ikan jenis Pappermint Angelfish ini menyerupai permen yang berwarna putih dan orange. Jenis ikan ini ditemui pada sebuah ekspedisi laut dalam sehingga untuk dapat menangkap ikan ini harus memiliki alat menyelam yang lengkap dan beberapa teknologi menyelam yang cukup canggih.

Karena tingkat kesulitan dalam penangkapan ikan ini, membuat ikan ini memiliki harga jual yang cukup tinggi yaitu seharga 400 juta rupiah untuk 1 ekornya.

3. Ikan Bladefin Basslet

Ikan Bladefin Basslet

Ikan ini memiliki habitat asli dalam perairan laut dalam pada daerah yang memiliki banyak karang. Karena kesulitan dalam menemukan dan menangkap ikan ini, sehingga ikan ini memiliki harga yang lumayan tinggi yaitu sekitar 130 juta rupiah untuk dapat memilikinya satu ekor.

Ikan ini memiliki bentuk yang kecil dan cukup panjang dan bagian belakang dari ikan ini menyerupai badut dan untuk bagian sirip dan bawahnya berbentuk seperti pedang. Itulah sebabnya ikan ini diberi nama bladefin. Untuk mendapatkan ikan ini juga memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi karena hanya terdapat pada habitat perairan tertentu saja.

4. Neptune Grouper

Ikan Neptune Grouper

Ikan ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan ikan disscus yang mempunyai bentuk tubuh yang sama namun warnanya berbeda dengan ikan tersebut karena terlihat lebih mencolok. Dengan warna ungu dan kuning serta belang berwarna putih membuat ikan ini wajib untuk dimiliki oleh para pencinta ikan hias untuk melengkapi aquariumnya.

Jenis ikan hias yang satu ini memiliki harga yang lumayan tinggi untuk para pencinta ikan hias menengah yaitu mencapai 80 juta rupiah. Uniknya dari ikan hias ini adalah perubahan warna dari biru putih dan menjadi merah putih ketika ikan ini sudah menjadi dewasa.

Sumber
https://www.daftarikanhias.web.id/ikan-hias-termahal-yang-ada-di-dunia/