Apakah Hormon Insulin Penting?

Fungsi hormon insulin yang paling dikenal adalah peran pentingnya dalam proses mengendalikan kadar gula darah. Tanpa hormon ini, sel-sel dalam tubuh akan kekurangan energi.

Kehadiran hormon insulin dalam tubuh sangatlah penting. Pasalnya, hormon ini berperan dalam proses pengubahan glukosa menjadi energi yang siap digunakan tubuh.

Jika hormon ini tidak ada, sel-sel tubuh akan tetap kekurangan energi meskipun kita sudah mengonsumsi berbagai makanan kaya karbohidrat. Sedangkan karbohidrat dan gula yang sudah dikonsumsi tidak dapat diproses dan kadar gula darah akan tetap tinggi.

Dalam keadaan normal, ketika seseorang mengonsumsi makanan, pankreas akan mengeluarkan hormon insulin untuk membantu tubuh mendapatkan energi yang berasal dari gula (glukosa).

Hormon ini juga bisa membantu tubuh untuk menyimpan kelebihan glukosa sebagai cadangan energi dalam bentuk glikogen.

Secara umum, beberapa manfaat atau peran insulin bagi tubuh manusia antara lain:

Mengendalikan kadar gula darah
Sebagaimana disinggung di atas, fungsi insulin sebagai pengendali kadar gula darah adalah yang paling umum diketahui. Cara yang ditempuh insulin untuk mengendalikan level glukosa yaitu dengan memberikan sinyal agar sel-sel otot, dan sel-sel lemak dalam hati mengambil glukosa darah.

Dengan cara ini, insulin membantu sel menyerap glukosa yang kemudian akan diubah menjadi energi. Jika tubuh telah memiliki energi yang mencukupi, hormon ini kemudian memberikan tanda kepada organ hati untuk mengambil glukosa dan menyimpannya dalam bentuk glikogen.

Umumnya, organ hati bisa menyimpan hingga 5 persen massa glikogen. Sebenarnya, di dalam tubuh terdapat beberapa sel yang bisa mengambil glukosa dari darah tanpa melibatkan insulin. Namun mayoritas sel dalam tubuh memang membutuhkan sinyal dari insulin untuk menjalankan fungsi ini.

Ketika sinyal insulin akan kadar glukosa yang sudah terpenuhi sampai pada organ hati, organ ini secara otomatis akan mengurangi produksi glukosa. Proses tersebut berlangsung guna menjaga batas gula darah normal di dalam tubuh.

Sementara itu, hati akan melepaskan glukosa ke dalam darah pada jumlah yang bisa ditolerir. Pelepasan ini dilakukan di antara waktu makan untuk menjaga kadar gula darah kala itu berada pada tingkat yang sehat.

Mengatur cadangan lemak
Selain berperan dalam mengendalikan kadar glukosa dalam darah, hormon yang satu ini juga memiliki peran penting dalam mengelola lemak yang digunakan oleh tubuh. Hal ini terjadi ketika penyimpanan glikogen dalam hati sudah memenuhi kapasitas yang dibutuhkan.

Kemudian, insulin akan memberikan sinyal pada sel-sel lemak untuk mengambil glukosa agar disimpan sebagai trigliserida. Fungsi tambahan lainnya dari hormon insulin juga terkait dengan menghambat pemecahan lemak dalam tubuh pada kondisi tersebut.