(Apakah Hate Speech?) Apakah Mengomentari Fisik Orang Lain Termasuk Hate Speech?

image

  • Hate Speech
  • Bukan Hate Speech

0 voters

Orang tampan dan cantik, tubuh tinggi dan menarik yang sering ditampilkan melalui media, ternyata memberikan dampak negatif. Salah satunya masyarakat akhirnya mempunyai “standar” body image yang sumbernya berasal dari persona media. “Standar” tersebut malah mereka gunakan sebagai bahan body shaming di sosial media secara tidak sadar. Padahal “standar” dari cantik, tampan atau penampilan menarik adalah hal yang subjektif. Tetapi hal ini malah dijadikan bahan untuk melakukan body shaming . Memang jika dilihat bahwa beberapa orang Indonesia menganggap hal tersebut mungkin hanya basa-basi dan sebuah candaan. Apakah perilaku tersebut termasuk hate speech?

Sumber: Mengomentari Fisik Tak Selalu Berarti "Body Shaming" Halaman all - Kompasiana.com

Termasuk hate speech karena komentar tentang fisik dapat menjadikan korban membenci dirinya sendiri karena kondisi fisiknya yang “tidak perfect” menurut standar kecantikan masyarakat.

Menurut saya hal tersebut termasuk hate speech karena mengutarakan hal yang negatif bagi seseorang. Tentunya individu yang mendapatkan ujaran ini akan merasa sedih dan bisa saja menurukan kepercayaan dirinya