Apakah hal yang dibutuhkan manajer produk dalam menetapkan ide untuk produknya?

rsz_technical_product_manager

Seorang manajer produk harus dapat menentukan ide untuk produknya. Pemilihan ide yang tepat dapat mendukung right product in the right time. Sehinga produk yang dihasilkan akan menghasilkan value dan manfaat bagi penggunanya.

Hal-hal yang dibutuhkan manajer produk dalam menetapkan ide sebuah produk antara lain :

  1. Memahami masalah pengguna
    Manajer produk harus memahami masalah yang sedang dihadapi pengguna. Kemudian menguraikan masalah tersebut.

  2. Mengetahui level masalah
    Setelah diketahui bahwa pengguna memiliki masalah, maka langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi seberapa besar masalah tersebut. Sehingga kita tahu jenis ide seperti apa yang akan diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut.

  3. Merumuskan ide
    Merumuskan ide/solusi untuk memecahkan masalah yang dihadapi pengguna. Manajer produk harus membuat daftar ide-ide yang memungkinkan untuk menyelesaikan masalah pengguna. Daftar tersebut nantinya akan diseleksi hingga didapatkan ide yang dirasa paling tepat untuk diterapkan. Namun, kita juga harus mempersiapkan ide-ide alternatif apabila ternyata ide yang kita putuskan tidak berhasil.
    Ketika ide telah ada, manajer produk harus memberikan penjelasan dan gambaran yang jelas kepada anggota tim. Mulai dari rencana, skema hingga strategi sebelum tahap selanjutnya dilakukan.

  4. Menilai sebuah ide
    Pertanyaan yang akan muncul adalah “apakah ide saya lebih baik?” Apabila ide/solusi yang kita tawarkan akan memberikan value dan dampak besar bagi pengguna, maka dapat dikatakan bahwa ide tersebut berhasil. Sebaliknya, apabila ide tersebut tidak terlalu berpengaruh terhadap penyelesaian masalah pengguna maka kita perlu mengkaji ulang atau menggunakan ide alternatif lain.

Referensi :