Apakah gravitasi itu nyata?

Hal kedua yang membuat flat earther ragu dengan bumi bulat adalah gravitasi. Katanya gravitasi itu bohong, gravitasi itu tidak ada.

Mari kita belajar lagi.

Tidak seperti konsep air datar di bab 1 yang (saya akui) memang cukup mengecoh pemahaman kita, sangkalan gravitasi oleh flat earther ini tidak begitu mengecoh…

…terutama jika kamu punya sedikit saja pemahaman benar tentang gravitasi.

Walaupun seperti kita lihat nanti, flat earth juga ada benarnya, dan non-flat earther justru salah.

Apa sebenarnya gravitasi itu?
image

Gravitasi adalah gaya tarik-menarik yang terjadi antara benda yang mempunyai massa di alam semesta.

Jadi, aslinya semua benda di alam semesta ini saling tarik menarik. Tapi, gaya tarik menarik antara meja dan kamu tidak begitu besar, sehingga kamu tidak merasakannya.

Besar gaya gravitasi ini sebanding dengan massa tiap benda yang terlibat. Makin besar massa bendanya, makin besar gaya gravitasinya. Dan gaya ini makin kecil jika jarak kedua benda makin jauh.

Secara matematis, ini dinyatakan dalam Hukum Gravitasi Universal Newton:

image

Persamaan ini diturunkan oleh Newton secara empiris, melalui pengamatan dan penelitian selama lebih dari 20 tahun…

…bukan sekedar kejatuhan apel dan tiba-tiba ide gravitasi muncul di kepalanya.

Gravitasi inilah yang membuat kita bisa berpijak di tanah, membuat planet-planet berputar, membuat bola yang ditendang turun lagi ke tanah, dan sebagainya.

Dalam pemabahasan ini nanti kita tunjukkan bagaimana para ilmuwan percaya gravitasi itu ada. Juga akan ada tambahan di akhir bagaimana mekanisme kerja gravitasi, dan kenapa para ilmuwan tidak percaya.

Sumber: