Apakah gravitasi bulan menyebabkan pasang surut air laut?

Tidak sepenuhnya benar. Pada sisi bumi yang menghadap bulan, gravitasi bulan memang menarik air yang menyebabkan pasang. Tapi tarikan bulan ini juga sedikit melemahkan gravitasi di sisi lain dari Bumi.

Penyebab pasang surut sebenarnya ada inersia air dari rotasi bumi. Saat berputar dengan kecepatan sekitar 1.040 mph, bumi ‘menghempaskan’ air yang berlawanan dengan bulan. Sementara di sisi bumi yang lain, air menyurut dan mengalir untuk membentuk pasang.

Sumber:
Tech Insider

Pasang surut merupakan fenomena penggerakan naik turunnya permukaan air laut secara berkala yang diakibatkan oleh kombinasi gaya gravitasi dan gaya tarik menarik dari benda-benda astronomi terutama oleh matahari ,bumi,dan bulan. Periode pasang surut adalah waktu antara puncak atau lembah gelombang ke puncak atau lembah gelombang berikutnya. Waktu periode pasang surut bervariasi antara 12 jam 25 menit hingga 24 jam 50 menit.

Pasang surut yang terjadi di bumi ada tiga jenis yaitu :

  1. Pasang surut atmosfer ( atmospheric tide)
  2. Pasang surut laut( oceanic tide )
  3. Pasang surut bumi padat ( tide of the solid earth).

Pasang surut laut merupakan hasil dari gaya tarik gravitasi dan efek sentrifugal karena jarak bulan lebih dekat daripada jarak matahari ke bumi. Daerah pesisir mengalami dua kali pasang dan dua kali surut selama periode 24 jam.(Priyana,1994).

Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pasang surut berdasarkan teori kesetimbangan adalah rotasi bumi pada sumbunya, revolusi bulan terhadap matahari, revolusi bumi terhadap matahari. berdasarkan teori dinamis adalah kedalaman dan luas perairan, pengaruh rotasi bumi (gaya coriolis), dan gesekan dasar. Selain itu juga terdapat beberapa faktor lokal yang dapat mempengaruhi pasut disuatu perairan seperti, topografi dasar laut, lebar selat, bentuk teluk, dan sebagainya, sehingga berbagai lokasi memiliki ciri pasang surut yang berlainan (Diposaptono 2007).

Jadi gravitasi bulan merupakan salah satu penyebab pasang surut air laut

1 Like