Apakah gigi yang tanggal saat berolahraga bisa diperbaiki lagi?

Apakah gigi yang tanggal saat berolahraga bisa diperbaiki lagi?

Lepasnya seluruh bagian gigi dari soketnya dalam istilah medis disebut dengan avulsi gigi. Avulsi gigi merupakan kondisi yang umum akibat terjadinya benturan atau pukulan yang mengarah pada rahang. Kabar baiknya, kondisi ini masih bisa diperbaiki dan diatasi apabila Anda segera mendapatkan perawatan medis dalam waktu satu jam setelah kejadian berlangsung. Setelah satu jam, peluang gigi untuk bisa diperbaiki akan semakin berkurang. Intinya, semakin cepat Anda mendapatkan perawatan medis akan semakin baik.
Jika Anda mengalami kondisi ini, jangan panik. Segeralah ambil gigi yang terlepas lalu cuci dengan air mengalir. Namun, pastikan jangan menyikat karena bisa merusak struktur dan jaringan yang masih melekat pada gigi. Lalu Anda bisa melakukan beberapa hal seperti yang disebut di bawah ini:
Cobalah masukkan gigi kembali ke dalam soket. Jika tidak memungkinkan, tahan di dalam mulut dengan lidah sampai Anda tiba ke dokter gigi. Setelah itu segera cari perawatan medis terdekat. Kandungan air liur dan suhu tubuh dapat membantu mempertahankan kondisi gigi yang terlepas agar bisa ditanamkan kembali pada soketnya.
Apabila hal di atas juga tidak memungkinkan untuk dilakukan, segera masukkan gigi ke dalam botol berisi susu. Setelah itu, segera menuju ke dokter gigi, Puskesmas, atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan lanjutan.
Apabila dokter gagal untuk mengembalikan gigi ke soketnya, implan gigi bisa jadi pilihan perawatan lain. Implan gigi merupakan prosedur yang dilakukan untuk menggantikan gigi yang tanggal dan berperan sebagai pengganti akar dari gigi yang hilang serta menahan gigi pengganti.
Sayangnya implan gigi bukanlah sesuatu yang murah, oleh karena itu Anda perlu melakukan konsultasi dengan dokter sebelum melakukan perawatan ini.