Apakah gigi berlubang dapat mempengaruhi kesehatan mata?

Seringkali jika kita sedang mengalami sakit gigi kita juga akan merasakan sakit di tempat lain salah satunya adalah mata, apakah benar jika gigi kita berlubang dapat mempengaruhi kesehatan mata ?

Ada banyak sekali mitos yang beredar mengenai sakit gigi dan mata yang berhubungan. Bahkan ada yang mengatakan bahwa mencabut gigi geraham bisa menyebabkan mata minus hingga keutaan. Benarkah demikian?

Saraf trigeminal

Perlu diketahui bahwa Anatomi Gigi Manusia dan mata sama-sama memiliki saraf. Dan saraf dari gigi maupun mata berasal dari saraf otak yang disebut dengan saraf trigeminal atau trigeminus. Sehingga kedua organ ini memang memiliki hubungan. Namun hubungan gigi dengan mata tidak begitu erat. Sehingga tidak benar jika ada mitos yang mengatakan bahwa mencabut gigi geraham bisa menyebabkan mata minus hingga kebutaan. Hanya saja jika terdapat masalah pada gigi, kemungkinan mata juga akan terkena imbasnya.

Saraf trigeminal atau trigeminus itu sendiri adalah salah satu saraf cranial yang terbesar. Sesuai namanya, saraf ini memiliki 3 cabang, yaitu saraf optalmikus, maksilaris, dan mandibularis. Saraf ini memiliki serabut motoris dan juga sensoris. Bagian mata merupakan bagian dari saraf optalmikus. Sementara gigi rahang atas merupakan bagian dari maksilairs. Dan rahang bawah adalah bagian dari mandibularis. Akan tetapi, antara saraf mata dan saraf gigi tidak berhubungan secara langsung.

Sakit gigi menyebabkan sakit di daerah mata, kepala, dan leher

Jika Anda memiliki gigi berlubang dan sedang terinfeksi, maka pasti akan muncul rasa sakit. Rasa sakit itu bisa sangat parah dan bisa tidak begitu parah. Jika infeksinya cukup parah dan menyebabkan rasa sakit yang parah, gejalanya bisa membuat bagian leher, kepala, dan juga mata menjadi ikut sakit. Karena Hubungan Sakit Gigi Dengan Pusing juga cukup erat. Bahkan ada beberapa orang yang mengalami mata berair ketika sakit gigi berlubang kambuh. Hal ini terjadi jika infeksi karena sakit gigi sudah menjangkau ke ujung akar gigi, sehingga bisa menyebabkan penyebaran infeksi hingga ke area leher, kepala, dan mata.

Cabut gigi saat terjadi infeksi bisa menyebabkan infeksi di mata

Hubungan gigi dengan mata inilah yang perlu diwaspadai oleh orang-orang yang berniat untuk mencabut giginya. Karena pada dasarnya, mencabut gigi tidak diperkenankan saat terjadi infeksi. Hal ini dikarenakan saat infeksi memang ada banyak bakteri yang bekembang biak di daerah gigi.

Efek Samping Cabut Gigi Geraham Atas saat terjadi infeksi adalah dikhawatirkan bakteri dari gigi akan menyebar ke daerah lainnya. Dan karena saraf gigi dengan mata berhubungan, maka ditakutkan bakteri akan menyebar ke daerah di sekitar mata dan menyebabkan infeksi serta pembengkakan didaerah mata. Maka dari itu, Anda memang perlu untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi sebelum mencabut gigi, terutama jika gigi sedang sakit. Jangan mencabut sendiri gigi Anda.

Referensi