Apakah ganyong cocok untuk dijadikan sumber karbohidrat?

Bisa tidak ya ka saya mengganti nasi dengan ganyong selain buah sukun? soalnya saya lagi mencoba-coba makanan lokal yang baru saya ketahui ini.

Bisa banget ka.
Canna eduis Kerr atau ganyong adalah tanaman yang memiliki kandungan karbohidrat dengan bentuk gula yang kompleks seperti serat dan zat-zat metabolit sekunder yang dibutuhkan tubuh (alkaloid, flavonoid, steroid, dan fenolik). Ganyong merupakan tanaman herba berumbi yang memiliki kandungan karbohidrat lebih tinggi (88,2%) dibandingkan dengan umbi-umbian yang lainnya. Canna edulis Kerr meliputi ganyong merah dan putih, ganyong putih yang memiliki kandungan serat tertinggi sebesar 27.40% (daun tua), sedangkan ganyong merah 26,20% (daun muda). Dengan demikian, diversifikasi pangan dapat mengonsumsi ganyong sebagai pangan pengganti nasi.

Daftar Pustaka
Noriko, N. dan Pambudi, A. 2014. Diversifikasi Pangan Sumber Karbohidrat Canna edulis Kerr. (Ganyong). Universitas Al Azhar Indonesia. Jakarta.

2 Likes

Ganyong merupakan tanaman yang memiliki peluang sebagai sumber pangan alternatif karena kaya akan karbohidrat dan sumber nutrisi lain.

Ganyong termasuk salah satu umbi-umbian yang tumbuh dan dibudidayakan di Indonesia. Secara tradisional, ganyong digunakan masyarakat sebagai tanaman untuk mengobati ulkus (sebagai antiulcer), panas dalam, dan radang saluran kencing. Dari segi nutrisi selain karbohidrat, ganyong juga mengandung kalsium dan fosfor yang tinggi. Ubinya sangat baik untuk makanan bayi, terutama bagi pertumbuhan tulang dan gigi anak-anak. Protein ganyong juga bebas gluten, salah satu substansi allergen yang banyak dijumpai pada gandum, sehingga cocok sebagai alternatif pengganti terigu dalam diet penderita autis dan alergi.

Produk olahan ganyong berupa soun mentah mengandung karbohidrat hingga 85,12%, lebih tinggi dibanding dengan kandungan karbohidrat beras setengah giling (78,3%), bihun (82%), mi kering, dan roti putih (50%). Ganyong memiliki struktur pati pendek sehingga sangat baik untuk penderita diabetes dan penderita maag karena mudah dicerna.

Kajian tentang sifat fisiko kimia menunjukkan bahwa pati ganyong memiliki potensi yang bagus untuk produk roti karena memiliki viskositas tinggi, gel yang kuat, dan kandungan fosfornya tinggi. Produk olahan berupa roti yang dibuat dari tepung pati ganyong lebih cerah dan lebih krispi dibanding dengan terigu. Hasil olahan pati ganyong bisa dimanfaatkan untuk membuat aneka makanan seperti kerupuk, mi, soun, kue kering, roti, dodol, black forest, brownies, dan olahan lainnya. Tepung ganyong juga dapat diolah menjadi agar-agar dan rasanya tidak kalah dengan agar-agar dari rumput laut.

Referensi

Artikel Ganyong, Pangan Alternatif Pengganti Beras?. Warta Plasma Nutfah Indonesia nomor 26 tahun 2014.