Apakah Gandum memiliki dampak buruk bagi kesehatan?


Sebagian orang mengenal gandum baik dikonsumsi dan memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Namun, menurut Diet American Standard, gandum menjadi salah satu makanan yang berpotensi merusak kesehatan tubuh, mengapa demikian ?

Resiko Memakan Gandum
Ketika beralih ke menu makanan dari gandum utuh, Anda mungkin akan mengalami kekurangan asam folat, vitamin B. Seringnya, bahan makanan prosesan (seperti tepung gandum, tepung terigu, atau sereal gandum fortifikasi) diperkaya dengan asam folat, sementara roti whole wheat tidak. Pastikan untuk meneliti label informasi nilai gizi di kemasan produk untuk memastikan makanan ini mengandung asam folat.

Di sisi lain, gandum mengandung sejumlah kecil serat larut (fruktan) yang dapat menyebabkan masalah pencernaan pada orang dengan sindrom iritasi usus (IBS). Walaupun begitu, pada orang-orang yang memiliki toleransi tinggi untuk serat larut, efek ini menjadi dibatalkan.

Gandum juga mengandung protein yang lumayan tinggi, terutama dalam bentuk gluten dan lectin. Gluten mungkin memiliki efek samping pada orang dengan penyakit celiac atau sensitivitas atau alergi terhadap gluten.

Sementara itu, lektin dapat menyebabkan perut kembung. Mengonsumsi kacang dan biji-bijian utuh dalam bentuk mentah dapat menyebabkan mual, muntah, dan diare. Gangguan pencernaan ini terjadi karena lektin dapat merusak lapisan usus. Pada orang-orang yang menderita penyakit Crohn atau sindrom iritasi usus (IBS), lapisan dinding usus menjadi lebih sensitif terhadap lektin dalam sumber makanan, dapat berkorelasi dengan kebocoran usus.

Meski demikian, senyawa lektin dalam whole wheat akan menjadi tidak aktif saat terpapar oleh panas, dan menjadi nihil saat gandum utuh telah melalui proses pengolahan matang atau panggangan. Efek dari lektin makanan hanya ada selama mereka berada di tubuh, dan efek dapat ditanggulangi dengan mengonsumsi berbagai buah-buahan, sayuran (bukannya satu jenis terus menerus), dan makanan dengan bakteri baik (misalnya, yogurt).

Sumber : Dampak buruk gandum