© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apakah fungsi vitamin bagi tubuh?

vitaminvaros.hu

Fungsi Vitamin Bagi Tubuh Manusia – Vitamin dibutuhkan oleh semua organ dan struktur tubuh untuk menjalani fungsinya masing-masing. Vitamin sendiri terbentuk dari asupan makanan dan minuman yang kita konsumsi. Vitamin sebelum diserap oleh tubuh terbentuk sebagai provitamin atau vitamin yang belum aktif. Provitamin tersebut lalu dilarutkan oleh lemak atau air untuk diubah menjadi vitamin yang lebih mudah diserap oleh tubuh.

Jadi setiap makanan dan minuman yang kita konsumi akan menghasilkan jenis vitamin yang bermacam-macam. Nah, berikut ini kami akan menjelaskan secara singkat mengenai berbagai macam fungsi vitamin bagi tubuh manusia.

Berikut ini fungsi vitamin yang terdapat pada makanan dan minuman.

1. VITAMIN A

Fungsi vitamin A (Retinol) bagi tubuh manusia yaitu untuk menjaga kesehatan bagi kulit, sebagai antioksidan, sebagai pendukung dalam perkembangan janin di dalam rahim, dan sebagai kesehatan mata. Akibat kekurangan vitamin A yaitu penyakit katarak, daya tahan tubuh melemah, dan penuaan lebih dini. Sedangkan akibat kelebihan vitamin A yaitu gangguan pada kulit, dan bagi wanita haid tidak lancar. Makanan sumber Vitamin A berasal dari susu, sayuran hijau, hati dan wortel.

2. VITAMIN B1

Fungsi vitamin B1 (Thiamine) bagi tubuh manusia yaitu mencegah penyakit beri-beri, menjaga kesehatan fungsi saraf dan kesehatan bagi jantung. Makanan sumber Vitamin B1 berasal dari susu, roti, daging tanpa lemak, gandum, dan kacangan-kacangan. Dampak kekurangan Vitamin B1 yaitu akan terjadi gangguan kulit, penyakit beri-beri, imunitas tubuh menurun dan susah buang air besar (BAB). Sedangkan dampak kelebihan Vitamin B1 yaitu akan sistem keseimbangan tubuh tidak normal dan refleks otot berkurang.

3. VITAMIN B2

Fungsi vitamin B2 (Riboflavin) untuk tubuh manusia adalah untuk perkembangan sistem tubuh dan kesehatan kulit. Makanan Sumber Vitamin B2 berupa susu, daging tak berlemak, buah pisang, kacang kedelai, kacang hijau dan sayuran hijau. Dampak kekurangan Vitamin B2 yaitu bibir kering dan pecah-pecah, gangguan kulit, dan menurunnya daya tahan tubuh.

4. VITAMIN B3

Fungsi Vitamin B3 (Niacinamide) bagi tubuh manusia adalah meningkatkan nafsu makan, meningkatkan sistem saraf, dan sebagai pengubah kalori menjadi energi. Makanan Sumber Vitamin B3 berupa susu, roti, sayuran hijau, ikan, daging, brokoli dan alpokat. Dampak kekurangan Vitamin B3 yaitu otot mudah tegang, susah tidur (insomnia), nafsu makan berkurang, dan badan cepat letih.

5. VITAMIN B12

Fungsi Vitamin B12 (Methylcobalamin) yaitu mencegah penyakit anemia dan menjaga kesehatan sistem saraf. Makanan sumber Vitamin B12 yaitu daging warna merah, susu serta sayuran hijau.

6. VITAMIN C

Fungsi Vitamin C (asam Askorbat) untuk tubuh manusia adalah untuk kesehatan gigi dan gusi, pembentuk sel darah merah, menjaga sistem imun tubuh, dan antioksidan. Makanan sumber vitamin C yaitu ikan, mentega, dan buah-buahan.

7. VITAMIN D

Fungsi Vitamin D (Kalsiferol) bagi tubuh manusia adalah untuk pembentukan gigi dan tulang. Makanan sumber Vitamin D yaitu susu. Selain itu, pancaran sinar matahari pagi hari juga merupakan vitamin D alami yang diperlukan oleh kesehatan tubuh kita.

8. VITAMIN E

Fungsi vitamin E (Tocopherols) bagi tubuh yaitu menjaga kesehatan kulit dan mengendalikan kelebihan asam lemak. Makanan sumber Vitamin E yakni minyak ikan, minyak sayur, dan gandum.

9. VITAMIN K

Fungsi vitamin K (Menaquinones) untuk kesehatan tubuh yaitu mencegah osteoporosis dan diabetes. Dampak kelebihan vitamin K yaitu bisa menyebabkan hemolisis sel darah merah. Makanan sumber vitamin K adalah sayuran hijau dan buah alpukat.

Itulah beberapa fungsi vitamin bagi tubuh manusia. Semoga informasi kesehatan diatas dapat memberikan manfaat bagi Anda :slight_smile:

[details=Referensi]-http://manfaatnyasehat.com/fungsi-vitamin-bagi-tubuh-manusia/
-http://uraiansehat.com/fungsi-vitamin-bagi-tubuh/[/details]

"Vitamin adalah senyawa organik yang terdapat dalam jumlah yang sangat sedikit di dalam makanan dan sangat penting peranannya dalam reaksi metabolisme. "

Menurut Sunita Almatsier (2009) vitamin adalah zat-zat organik kompleks yang dibutuhkan dalam jumlah sangat kecil dan pada umumnya tidak dapat dibentuk oleh tubuh. Oleh karena itu, harus didatangkan dari makanan. Vitamin termasuk kelompok zat pengatur pertumbuhan dan pemeliharaan kehidupan. Tiap vitamin mempunyai tugas spesifik di dalam tubuh. Karena vitamin adalah zat organik maka vitamin dapat rusak karena penyimpanan dan pengolahan.

Fungsi utama vitamin adalah mengatur proses metabolisme protein, lemak, dan karbohidrat. Menurut sifatnya vitamin digolongkan menjadi dua, yaitu :

  • Vitamin yang larut dalam lemak : vitamin A, D, E, dan K
  • Vitamin yang larut dalam air : vitamin B dan C.

Menurut Sunita almatsier (2009) beberapa sifat-sifat umum vitamin larut dalam lemak dan vitamin dalam air, sebagai berikut :

KARAKTERISTIK VITAMIN LARUT LEMAK

  • Larut dalam lemak dan pelarut lemak
  • Kelebihan konsumsi dari yang dibutuhkan tubuh akan disimpan dalam tubuh
  • Dikeluarkan dalam jumlah kecil melalui empedu
  • Gejala defisiensi berkembang secara lambat
  • Tidak selalu perlu ada dalam makanan sehari-hari
  • Mempunyai prekursor atau provitamin
  • Hanya mengandung unsur-unsur C, H, dan O
  • Diabsorpsi melalui sistem limfe
  • Hanya dibutuhkan oleh organisme kompleks
  • Beberapa jenis bersifat toksik pada jumlah relatif rendah (6-10 x KGA)

KARAKTERISTIK VITAMIN LARUT AIR

  • Larut dalam air
  • Simpanan sebagai kelebihan kebutuhan sangat sedikit
  • Dikeluarkan melalui urine
  • Gejala defisiensi sering terjadi dengan cepat
  • Harus selalu ada dalam makanan sehari-hari
  • Umumnya tidak mempunyai prekursor
  • Selain C, H, dan O mengandung N, kadang-kadang S dan Co
  • Diabsorpsi melalui vena porta
  • Dibutuhkan oleh organisme sederhana dan kompleks
  • Bersifat toksik hanya pada dosis tinggi/megadosis (>10 x KGA)

Vitamin


Vitamin untuk melancarkan metabolisme tubuh. Vitamin adalah zat organik pelengkap makanan yang diperlukan untuk melancarkan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh adalah proses reaksi pembentukkan dan pembongkaran zat yang berlangsung di dalam tubuh. Reaksi-reaksi tersebut akan berjalan lancar jika ada vitamin. Akan tetapi, tubuh tidak mampu membuat vitamin. Vitamin diperoleh dari makanan. Fungsi vitamin tidak dapat digantikan oleh senyawa lain.

Vitamin dapat dikelompokkan menjadi kelompok vitamin yang larut dalam lemak dan vitamin yang larut dalam air… vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A, D, E, dan K. Vitamin yang larut dalam air adalah vitamin B dan C.

1 Like