Apakah Fungsi Manajemen Organisasi dalam Suatu Organisasi ?

Manajemen organisasi adalah proses pengorganisasian, perencanaan, memimpin dan mengendalikan sumber daya dalam suatu entitas dengan tujuan keseluruhan mencapai tujuan. Tujuan tersebut dapat bermacam-macam tergantung dengan organisasinya.

Dalam sebuah organisasi fungsi apakah yang bisa diterapkan dari manajemen organisasi ?

Manajemen Organisasi memiliki fungsi yang beragam. Jika kita lihat dari alurnya maka manajemen operasi akan memilki tujuh buah fungsi utama.

Tujuh fungsi tersebut diantaranya :

  1. PERENCANAAN (PLANNING)
    Manajemen organisasi dapat berfungsi untuk mempersiapkan rencana bisnis yang efektif. Hal ini sangat penting untuk menentukan langkah dimasa depan supaya terhindar dari kebingungan di kemudian hari.
    Hal yang berkaitan dengan perencanaan ini meliputi rencana kerja atau kegiatan serta anggaran yang diperlukan. Teknis perencanaannya bisa ditentukan melalui rapat-rapat kepengurusan atau rapat anggaran.

  2. PENGORGANISASIAN (ORGANIZING)
    Pengorganisasian ini mengacu pada kebijakan penggunaan sumber daya untuk mencapai yang terbaik dari karyawan.
    Fungsinya adalah agar dalam prakteknya dapat tertata dengan baik sehingga tidak terjadi kerancuan terutama dalam koordinasi.

  3. KEPEGAWAIAN (STAFFING)
    Manajemen organisasi yang buruk menyebabkan karyawan tidak bahagia yang akhirnya menciptakan masalah bagi diri sendiri maupun organisasi. Karena itu manajer harus bisa merekrut bakat yang tepat bagi organisasi.
    Caranya adalah dengan melakukan rekrutmen untuk calon pegawai yang sesuai dan melakukan derekrutmen atau pengurangan pegawai bagi anggota yang memberikan pengaruh buruk bagi organisasi. Kriteria sesuai atau tidaknya dapat ditentukan melalui proses seleksi yang diadakan.

  4. PENGARAHAN (LEAD)
    Fungsi manajer atau atasan dalam organisasi salah satunya adalah menetapkan target yang jelas untuk anggota tim. Tujuannya agar setiap kegiatan anggotanya dapat terarah.
    Seorang pemimpin juga harus memastikan anggota timnya bekerja secara serempak menuju tujuan yang sama. Karena dia adalah orang yang memutuskan apa yang tepat dalam situasi tertentu.

  5. KONTROL (CONTROL)
    Karena atasan yang memegang kuasa pengambilan keputusan, maka ia harus bisa menyadari apa yang terjadi di sekitar mereka. Jika tidak maka ia tidak bisa mengambil kontrol dalam organisasi.

  6. MANAJEMEN WAKTU (TIME MANAGEMENT)
    Salah satu cabang manajemen organisasi yang juga penting adalah manajemen waktu. Dengan manajemen waktu yang efektif, tentu dapat membantu karyawan untuk melakukan hal yang benar pada waktu yang tepat. Manfaat dari manajemen waktu ini akan terasa setalah diterapkan pada masa yang lama.

  7. MOTIVASI (MOTIVATION)
    Manajemen organisasi juga memiliki fungsi sebagai motivasi. Motivasi dalam artian menjadikan karyawan mampu bekerja bersama-sama.
    Bentuk motivasi yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan menghargai pekerjaan baik dari karyawan dengan memberikan insentif. Dengan begitu karyawan atau anggota dapat lebih giat dan merasa semakin betah dalam organisasi.

Nah itulah tadi sedikit mengenai manajemen organsasi yang bisa di terapkan dalam suatu organisasi.

Referensi : http://rocketmanajemen.com/manajemen-organisasi/