Apakah fungsi Backbutton Focus pada kamera DSLR?

Backbutton Focus

Saya baru-baru mendengar tentang backbutton focus pada kamera DSLR. Saya sendiri masih pemula di dunia photography. Sebenarnya apa sih backbutton focus itu. Apakah fungsi Backbutton Focus pada kamera DSLR ?

Secara umum, cara kita mengunci fokus adalah dengan memencet tombol shutter separuh. Namun sebenarnya ada satu fitur yang lebih sering dimanfaatkan fotografer pro untuk mengunci fokus, yaitu dengan memanfaatkan tombol AF-ON. Teknik fokus dengan tombol ini dinamai “back button focus” karena memang memanfaatkan tombol yang ada di belakang, bukan tombol shutter didepan.

Back button focus adalah fitur autotokus dengan memanfaatkan tombol tertentu dibagian belakang kamera, biasanya adalah tombol AF-ON atau (*) dan biasanya dipencet dengan jempol kanan. Kalau di belakang kamera DSLR anda ada tombol dengan tulisan AF-ON, maka teknik ini bisa dipakai secara langsung dengan mudah.

Keuntungan Menggunakan Teknik Back Button Focus?
Keuntungan utama autofokus dengan tombol AF-ON adalah bahwa kita tidak perlu lagi memencet tombol shutter separuh. Cukup dengan menekan tombol AF-ON dengan jempol agar autofokus mulai mengunci lalu kita bisa melakukan komposisi ulang (recompose) saat memotret obyek diam atau melakukan tracking saat memotret objek bergerak. Kalau sudah oke dan ingin mengambil foto, tinggal kita pencet tombol shutter penuh tanpa melepas tombol AF-ON. Back button focus sangat bermanfaat saat kita menggunakan mode autofokus continuous atau tracking objek bergerak dan saat kita melakukan recompose.

Skenario Dimana Back Button Focus Sangat Berguna

  • Saat memotret anak-anak kecil yang terus bergerak, atau saat memotret olahraga. kita bisa meminimalkan waktu tunda antara menekan shutter separuh dan saat exposure. Cukup tekan AF-ON dengan jempol untuk mengunci fokus lalu ambil exposure secepatnya dengan jari telunjuk.

  • Saat foto potret orang yang hanya sedikit mengubah pose antara satu foto dengan foto berikutnya. Anda bisa memotret dengan sangat cepat tanpa harus repot memilih titik fokus baru

  • Dalam situasi di mana kamera bingung memilih fokus. Misalnya saat memotret macan dibalik pagar kawat besi, kadang kamera bingung dan memilih fokus di pagar dan bukan di macan. Dengan back button focus kita bisa mengunci fokus di macan lalu baru melakukan komposisi ulang

  • Saat kita menginginkan foto yang sangat tajam. Dengan memencet tombol shutter separuh lalu menahannya untuk mengunci fokus, berat kamera akan bergeser ke depan sehingga kestabilan berkurang dan akibatnya foto lebih rentan blur. Teknik back button ini mengatasinya

Sumber

Menggunakan Teknik Back Button Focusing