Apakah Diskon Besar-Besaran dari Brand Fast Fashion Selalu Menguntungkan Semua Kalangan?

Ada banyak brand fast fashion di Indonesia seperti zara, h&m, pull&bear, bershka, dan lain-lain. Sering kita jumpai bahwa setiap pergantian musim brand tersebut selalu mengeluarkan produk terbaru, dengan dikeluarkannya produk baru secepat itu, pihak brand menyiasati dengan mengadakan sale atau diskon besar-besaran setiap pergantian musim pula agar tidak terjadi penumpukan produk lama secara berlebihan. Hal ini tentu saja terus terjadi setiap tahunnya.

Dengan demikian mengdakan diskon besar-besaran dapat menarik hati para konsumen untuk membeli produk diskonan, namun dibalik itu apakah para konsumen juga sadar bahwa apabila mereka “kalap” membeli produk diskonan, produk baju yang ada di rumah para konsumen juga akan menumpuk dan bisa saja hanya berakhir menjadi sampah baju. Selain itu, isu permasalahan para pekerja di industri fast fashion juga menjadi sorotan belakangan ini, pasalnya mereka hanya digaji dengan upah yang kecil dan tidak sebanding dengan hasil kerja mereka.

Maka dari itu, apakah fenomena tersebut selalu menguntungkan semua kalangan?