Apakah dampak dari penyimpanan data dan arsip perusahaan di suatu situs?

Data dan arsip penting sebuah perusahaan merupakan suatu hal yang harus tetap dijaga kerahasiannya, dengan berkembangnya jaman tentu penyimpanan secara konvensional seperti disimpan di kantor atau di dalam bank tidak cukup karena ada potensi data atau arsip penting tersebut terbakar jika terjadi kebakaran atau dicuri oleh orang lain seperti orang dari perusahaan kompetitor.

Apakah data dan arsip penting perusahaan akan disimpan di sebuah situs tertentu yang tidak bisa dicari oleh orang awam dan memiliki berbagai lapis perlindungan? Jika iya jelaskan dampak positif dan negatif mengenai tindakan tersebut!

Umumnya perusahaan-perusahaan saat ini lebih memilih untuk menyimpan data dan arsip penting perusahaan mereka di sebuah situs yang hanya bisa mereka akses. Dampak positif yang didapatkan dengan melakukan tindakan tersebut adalah menghindari terjadinya dokumen penting terbakar, hilang, atau dicurijika disimpan secara konvensional, menghindari dokumen dicuri orang dengan cara menghack komputer pusat dari perusahaan tersebut, dan tentunya memudahkan para orang penting di perusahaan tersebut untuk mengawasi dokumen tersebut setiap saat. Selain dampak positif tentunya ada dampak negatif yaitu kemungkinan seseorang dapat mengacaukan isi dokumen tersebut jika mereka dapat memaksa masuk ke dalam situs yang hanya diketahui perusahaan tersebut, masalah biaya tentunya juga bertambah dengan secara rutin kita update dokumen itu secara berkala dan memindahkannya ke situs-situs lain jika kita ingin lebih meningkatkan perlindungan.

Menggunakan situs untuk penyimpanan data sebenarnya merupakan solusi efektif untuk dapat menyimpan data secara efisien dan praktis, namun terdapat masalah baru yaitu potensi ancaman baru berupa hacking. Untuk mengatasi hal ini, perusahaan tersebut harus mencari cara meningkatkan keamanan data dengan menggunakan enkripsi tertentu, menggunakan aplikasi tertentu yang bisa digunakan untuk mengamankan data dan sebagainya. Se negatif apapun dampak dari penggunaan penyimpanan data pada sebuah situs/cloud ini tetap saja penggunaan nya akan semakin meningkat dan menjadi standar baru dalam penyimpanan data di masa yang akan datang.


Berikut ini merupakan salah satu contoh situs cloud storage yang bisa digunakan untuk perusahaan middle-low yang biasa digunakan. Dengan menambahkan password dan menambahkan sejenis sistem autentikasi yang untuk menyimpan folder file kita bisa membuat penggunaan penyimpanan data online lebih aman.