Apakah dampak buruk dari keseringan menelan dahak saat batuk ?

Jika kita sedang mengalami batuk yang berdahak terkadang tanpa sadar kita menelan dahak itu sendiri, apakah jika kita keseringan menelan dahak dapat membuat buruk tubuh kita ?

Berikut ini adalah bahaya menelan dahak saat batuk yang harus anda ketahui:

  • Menambah Produksi Dahak dan Mengubah Warna Dahak
    Jika Anda mengalami batuk yang disertai dahak berwarna bening, itu berarti ada kemungkinan bahwa Anda mengalami pilek atau flu biasa pada fase pertama. Sehingga sebenarnya dahak bening tidak terlalu serius dibandingkan dengan dahak-dahak lainnya. Saat dahak bening muncul virus penyebab flu dan batuk sedang meyerang sistem imun.

  • Menelan dahak bening kembali menjadi awal dari produksi dahak yang berlebihan di tenggorokan. Tidak hanya itu saja menelan dahak bening akan menyebabkan dahak berubah menjadi lendir kuning ataupun lendir hijau yang menjadi tanda terserang penyakit bronkitis kronis, postnasal drip ( lendir yang merembes dari saluran nasal ), dan gastroesophageal reflux diseases (GERD). Semakin banyak Anda menelan masuk kembali dahak bening ini, maka lambat lan warna dahak dan lendir akan menjadi hijau atau kuning.

  • Memperparah Terjadinya Infeksi
    Hal ini akan terjadi pada anda yang menelan dahak berwarna abu-abu atau cenderung putih kental seperti susu. Jika Anda mengalami batuk dan mengeluarkan dahak berwarna putih susu atau abu-abu ini, itu tandanya ada mengalami infeksi pada saluran pernapasan atas. Selain itu, dahak putih susu dan abu-abu ini terjadi akibat bronkitis kronis, asma, radang tenggorokan, gastroesophageal reflux diseases (GERD) dan alergi

  • Ada beberapa hal penting yang perlu dicatat bahwa dahak ini bisa dipicu oleh faktor lain seperti terkena polusi udara dan rokok.

  • Kerusakan Neutrofil
    Kerusakan neutrofil akan terjadi pada orang yang menelan dahak kuning dan hijau. Anda yang mengalami batuk dan mengeluarkan dahak berwarna kuning atau hijau, itu tandanya anda mengalami infeksi di saluran pernafasan. Infeksi itu disertai dengan kerusakan neutrofil dalam sel sehingga mengakibatkan infeksi terjadi dalam jangka panjang. Infeksi itu juga disertai dengan peradangan. Apabila anda malah menelan dahak itu masuk kembali, anda justru memperparah kerusakan pada neutrofil dalam sel tubuh anda.

  • Mengganggu Paru-paru
    Anda yang mengalami batuk yang disertai dahak berwarna kuning tua, maka itu berarti anda mengalami infeksi bakteri, infeksi sinus atau infeksi pernapasan bawah. Infeksi parah yang disertai dengan dahak kuning tua adalah bronkitis kronis dan juga pneumonia. Apabila anda malah menelan masuk kembali dahak ini anda memasukkan kembali bakteri pneumonia ke dalam tubuh anda. Kondisi paru-paru akan semakin terganggu dengan kehadiran bakteri itu yag masuk kembali ke dalam tubuh.

Referensi