Apakah boleh menggunakan produk yang mengandung SPF di malam hari?

Beberapa produk seperti lipbalm atau handbody biasanya mengandung SPF. Apakah boleh menggunakan produk yang mengandung SPF di malam hari? Karena akan lebih praktis jika saya membeli satu produk saja yang bisa digunakan pagi dan malam.

1 Like

Penggunaan tabir surya pada malam hari jarang dilakukan karena kurang sesuai dengan prinsip kandungan tabir surya yang bekerja untuk menyerap radiasi sinar ultraviolet, dimana saat malam hari tidak ditemukan adanya paparan sinar ultraviolet. Pemilihan tabir surya maupun krim malam sebaiknya disesuaikan dengan kondisi kulit Anda saat ini, untuk itu Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum memutuskan memakai krim tertentu.

Sumber:

Polsky (2009) menjelaskan bahwa salah satu hal pengaruh kulit menjadi tua lebih cepat adalah dengan kurangnya penggunaan pelindung kulit seperti sunscreen atau sunblock. Saya memiliki asumsi bahwa penggunaan produk tabir surya yang memiliki SPF belum tepat. Hal ini bisa dikarenakan produk tabir surya yang dipakai masih terklasifikasi sebagai kosmetik Tanpa Izin Edar (TIE). Berdasarkan data dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bulan Maret 2020 telah ditemukan 9000 buah produk kosmetik TIE. Produk TIE sudah jelas belum diketahui kesesuaian kualitas dengan standar kesehatan sehingga dapat dicurigai tidak memiliki manfaat atau bahkan pada tingkat berbahaya menyebabkan kerusakan pada penggunanya.


Sumber: aceh.tribunnews.com

Menurut Daftar Bahan Tabir Surya yang Diijinkan Digunakan dalam Kosmetik terbitan BPOM (2008) menyebutkan syarat-syarat bahan kimia untuk sediaan kosmetik tabir surya antara lain:

  1. Efektif menyerap radiasi UVB tanpa perubahan kimiawi sehingga tidak menimbulkan iritasi dan toksik
  2. Meneruskan UVA untuk mendapatkan tanning terutama bagi kulit Kaukasia/Eropa,
  3. Stabil, memiliki karakteristik kelarutan yang sesuai dan tidak terdekomposisi dengan adanya lembab, keringat dan lain sebagainya
  4. Mempunyai daya larut untuk mempermudah formulasi
  5. Tidak toksik, tidak mengiritasi dan tidak menyebabkan sensitivitas.

Syarat-syarat dari BPOM mengenai produk tabir surya menjadi landasan pengecekan produk tersertifikasi BPOM. Oleh karena itu sebagai pembeli yang cerdas, Youdics dapat memeriksa produk tabir surya yang akan dibeli melalui laman BPOM dengan mengikuti tautan berikut https://cekbpom.pom.go.id/. Pastikan produk yang dipilih memiliki status sudah diperiksa oleh BPOM.

Referensi
  1. Daftar Bahan Tabir Surya yang Diijinkan Digunakan dalam Kosmetik. Jakarta:
    Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia, 2008
  2. Polsky, David. 2009. Skin Cancer Facts. New York University