Apakah boleh kita menggosok gigi tanpa menggunakan pasta gigi?


(Sybilla Nararya) #1

Sumber : colgateprofessional.com

Misalnya ketika kita ingin menggosok gigi setelah makan, sehingga kita cukup membawa sikat gigi tanpa pasta gigi ketika bekerja?


(Buana Randa) #2

Menurut saya, berdasarkan pengalaman dan apa yang telah saya baca,

Menyikat gigi tanpa menggunakan pasta gigi sebenarnya tidak ada masalah. Malahan dapat membantu menghilangkan plak yang ada pada gigi. Seperti yang disarankan Lori Herbert (Dokter Gigi) kepada banyak pasiennya, ketika hendak menyikat gigi mulailah menyikat tanpa menggunakan pasta gigi dan air, diakhiri dengan menggunakan pasta gigi secukupnya hanya menambah kesegaran.

Kegunaan pasta gigi sebenarnya hanya untuk menambah kesegaran pada mulut penggunanya, menambah rasa percaya diri saat bertemu orang disekitarnya.

Disisi lain, pasta gigi juga memiliki kandungan flouride, dengan kandungan tersebut (flouride) dapat memperkuat gigi. Ini menjadi hal utama yang perlu diketahui.

Namun, kebanyakan orang menggunakan psta gigi terlalu banyak. Mereka cenderung mengikuti iklan yang ada pada televisi, membentuk pasta gigi diatas sikat gigi mereka, sedikit lucu memang. Namun, penggunaan pasta gigi yang baik sebenarnya hanya perlu sedikit saja, hanya perlu sebesar kacang seperti kata Dental Hygienist Vicky Flint (RDH publishes the ‘Straight From the Mouth’ ezine).

Banyak memang diantara kita yang mungkin mempertanyakan hal ini. Namun, menyikat tanpa menggunakan pasti gigi sangatlah diperbolehkan, dan malah dianjurkan, karena dapat menghilangkan plak ringan yang ada pada gigi. Perlu diingat, dalam menyikat gigi, dengan atau tanpa menggunakan pasta gigi, gerakan menyikatpun harus diperhatikan. Gerakan yang baik tanpa adanya tekanan pada gigi, menyikat dengan stabil naik-turun dengan perlahan sehingga tidak menimbulkan iritasi terhadap gusi. Seperti yang ada pada (http://health.stackexchange.com/) bahwa bukanlah pasta gigi yang membwa dampak besar bagi gigi manusia, namun yang menjadi hal penting adalah bagaimana kamu menyikat gigi.

Silahkan jika ada tambahan dan komentar lainnya. Mudahan ilmu yang dibagikan dapat bermanfaat buat kita semua :relaxed::grin: