Apakah bisa seorang dengan kepribadian Introvert menjadi psikolog?

Introvert

Seorang psikolog biasanya adalah pribadi yang ramah dan peduli dengan orang lain, yang terlihat berbeda dengan kepribadian introvert. Sehingga apakah bisa seorang dengan kepribadian Introvert menjadi psikolog ?

Bisa, karena untuk menjadi seorang psikolog profesional yang dibutuhkan adalah kompetensi. Berikut kompetensi yang dibutuhkan :

Kompetensi Sarjana Psikologi menurut kolokium XV pada tanggal 28-30 September 2008 di Jakarta antara lain ialah:

  1. Penguasaan teori psikologi
  2. Penguasaan metode penelitian dalam psikologi
  3. Kemampuan asesmen
  4. Kemampuan memberikan intervensi dan konsultasi
  5. Kemampuan membangun hubungan
  6. Perilaku etis dan menghargai pluralitas
  7. Kemampuan soft skills.

Kolokium ke XV ini kemudian direvisi oleh Pokja Kom isi B pada kolokium XIX tanggal 30 April – 2 Mei 2009 di Padang, Sum atra Barat. Rumusan Kompetensi Sarjana Psikologi ini ialah:

  • Penguasaan teori psikologi
  • Penguasaan metodologi penelitian
  • Menguasai prinsip dasar psikodiagnostik
  • (Mampu merancang dan melakukan) intervensi dalam bidang non-klinis
  • Kemampuan membangun hubungan
  • (Berperilaku) etis dan pluralitas
  • Kemampuan soft skills

Kompetensi hard skills dan soft skills yang kemudian digunakan untuk mengukur persepsi mahasiswa menggunakan kompetensi yang diambil dari kompetensi berdasarkan rumusan kompetensi yang dirumuskan pada Kolokium Sarjana Psikologi Indonesia (hard skills) dan DIKTI (soft skills) yang telah diadaptasi. Hard skills yang digunakan antara lain, penguasaan pengetahuan psikologi, kemampuan observasi dan interview, pengukuran atau asesmen psikologi/ psikotes, penelitian ilmiah, penulisan dan pembuatan laporan psikologi, kemampuan konseling, kem ampuan intervensi, dan computer literate (word processing, spreadsheet/excel, e-mail, browsing/surfing).