Apakah berbahaya apabila kita membiarkan karang gigi?

karang gigi

Plak atau karang gigi, terbentuk akibat kotoran yang menempel di gigi, yang lama-kelamaan mengeras membentuk seperti kerak… Apa bahaya apabila kita membiarkan karang gigi ?

Banyak orang yang mengabaikan keberadaan karang gigi (dental calculus) di dalam mulut, karena dianggap sebagai sesuatu yang tidak membahayakan kesehatan tubuh. Padahal, karang gigi merupakan faktor utama terjadinya peradangan jaringan pendukung gigi (jaringan periodontal), yang disebut periodontitis.

Permukaan karang gigi yang kasar dan berpori menjadi tempat yang ideal bagi pertumbuhan bakteri dalam rongga mulut dan bertindak sebagai wadah yang menampung bagi komponen produk bakteri yang bersifat toksik bagi jaringan lunak mulut.

Berdasarkan penelitian terdahulu, individu yang memiliki kebiasaan merokok, menderita diabetes, dan/atau obesitas memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengalami periodontitis.

Bukan hanya orang dewasa, periodontitis pun dapat terjadi pada anak-anak yang kebersihan gigi dan mulutnya kurang terpelihara, meskipun prevalensinya jauh lebih rendah dibanding penderita dewasa. Hal ini dapat dihubungkan dengan semakin banyaknya anak-anak yang menderita obesitas, yang menjadi salah satu faktor risiko terjadinya periodontitis.

European Federation of Periodontology and the American Academy of Periodontology telah mengategorikan periodontitis sebagai penyakit peradangan kronis yang bersifat multifaktorial, yaitu disebabkan oleh beberapa faktor.

Tidak hanya bakteri yang berperan utama, tapi juga respon imunitas penderita. Jika dibiarkan tanpa perawatan, penyakit ini akan mengarah kepada kerusakan tulang penyangga gigi, dan menyebabkan kegoyangan pada gigi sehingga gigi terpaksa dicabut. Angka kejadian periodontitis sangat tinggi dan mengurangi kualitas hidup penderita karena mengganggu fungsi pengunyahan, merusak estetis, dan mempengaruhi kesehatan sistemik.